Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empirik hubungan antara konsep diri dan pola asuh otoriter dengan penyesuaian diri. Subyek dalam penelitian ini adalah 140 siswa kelas VII di MTs Nurul Huda Dempet. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala penyesuaian diri, skala konsep diri, dan skala pola asuh otoriter. Hasil analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi dimana perhitungan menggunakan komputer dengan program SPSS 15,0 for windows. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,692 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01) ini berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri dan pola asuh otoriter dengan penyesuaian diri, dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Hasil koefisien korelasi antara variabel konsep diri dengan penyesuaian diri rx1y sebesar 0,659 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01) ini berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa MTs, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sedangkan koefisien korelasi antara variabel pola asuh otoriter dengan penyesuaian diri rx2y sebesar -0,582 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) ini berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara pola asuh otoriter dengan penyesuaian diri pada siswa MTs, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif variabel konsep diri dan pola asuh otoriter dengan penyesuaian diri sebesar 47,9%.