Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara perilaku asertif dan pola asuh otoriter dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus 2013. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa-mahasiswi semester 9 keatas yang belum lulus. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala prokrastinasi akademik, skala perilaku asertif dan skala pola asuh otoriter.Hasil analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi. Dimana diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel rxy sebesar 0,821 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01). Hal ini berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara perilaku asertif dan pola asuh otoriter dengan prokrastinasi akademik. Jadi hipotesis yang diajukan diterima. Sumbangan efektif perilaku asertif dan pola asuh otoriter terhadap prokrastinasi akademik sebesar 67,4%.