Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara kepercayaan diri dan minat belajar dengan perilaku menyontek pada siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah remaja usia 13-15 tahun di SMP 1 Jati Kudus yang pernah melakukan menyontek dengan jumlah subyek 130 anak. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan sampling purposive. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala kepercayaan diri, skala minat belajar dan skala perilaku menyontek. Hasil analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi dimana perhitungan menggunakan komputer dengan program SPSS 15,0 for windows. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiganya yaitu rx1 x2y sebesar 0,290 dengan p sebesar 0,046 (p<0,05). Sumbangan efektif variabel kepercayaan diri dan minat belajar dengan perilaku menyontek sebesar 8,4 % berarti masih terdapat 91,6% faktor lain yang mempengaruhi perilaku menyontek. Kata kunci : kepercayaan diri, minat belajar, perilaku menyontek