Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian produk Jamu “Tolak Angin Sido Muncul” di Kota Kudus
Main Author: | Alimiyah, Mia |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/2418/1/01_COVER.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/2/05_BAB_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/3/06_BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/4/07_BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/5/08_BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/6/09_BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/7/10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/ |
ctrlnum |
2418 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian produk Jamu “Tolak Angin Sido Muncul” di Kota Kudus.</title><creator>Alimiyah, Mia</creator><subject>Perdagangan. Perniagaan</subject><description>A. Nama Penyusun : MIA ALIMIYAH
B. Judul Skripsi : PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAMU “TOLAK
ANGIN SIDO MUNCUL” DI KOTA KUDUS
C. JumalahHalaman : Permulaan xvii, Isi 95, Tabel 23, Gambar 1
D. Ringkasan
Perekonomian Indonesia yang semakin baik mengakibatkan pesatnya laju
persaingan didalam dunia usaha. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya
perusahaan yang bergerak dibidang produk maupun jasa yang menyebabkan
persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Dalam persaingan dunia usaha yang
semakin ketat ini, perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam menetapkan strategi
yang tepat bagi perusahaan sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan
mempengaruhi konsumen untuk dapat membeli produk mereka.
Iklan menjadi suatu pilihan yang menarik, disamping sebagai sumber
informasi, iklan juga dipandang sebagai media hiburan dan komunikasi.Iklan dapat
didefinisikan sebagai komunikasi yang disponsori, yang ditempatkan dalam media
massa dengan bayaran tertentu. Penggunaan endorser diharapkan dapat memberikan
asosiasi positif antara produk dengan endorser. Pemilihan celebritys sangat penting
sekali karena celebritys yang tepat akan mengikat erat brand produk menjadi brand
seperti yang diwakili oleh celebritys.
Jamu tolak angin yang sejak dibintangi Lula Kamal sebagai celebrity endorser
mampu berkembang pesat yang dibuktikan dengan posisi tolak yang naik sebagai
challenger atau menduduki peringkat 2 pada top brand index (TBI)(11 febuari 2013),
sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa keputusan pembelian jamu tolak angin sido
muncul banyak dipengaruhi oleh celebrity endorser. Untuk itu maka dalam skripsi ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Lula Kamal sebagai endorser
mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli produk “jamu Tolak
angin Sido muncul” yang berdomisili di Kabupaten Kudus, dengan jumlah sampel
100 responden dengan teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan Purposive Samping .
Purposive Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang pengambilan
obyeknya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai
cara (Fuad Mas’ud ,2004 ) . Yaitu dengan kriteria bahwa responden adalah
masyarakat yang berdomisili di kabupaten Kudus dan yang pernah membeli produk
jamu tolak angin sido muncul. Berdasarkan hasil perhitungan Variabel Attractiveness 






(X1). nilai thitung sebesar 2,074 dimana Nilai thitung lebih besar dari ttabel
(2,074>1.66023) atau Signifikansi t < 5% (0.041< 0.05). Dengan demikian pengujian
menunjukkan Ho1 ditolak, sehingga hipotesis penelitian pertama (Ha.1) diterima.
Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel Attractiveness(X1) berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).Trustworthiness (X2) memiliki
memiliki nilai thitung sebesar 2,706 Nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,706>1.66023)
atau Signifikansi t < 5% (0.008< 0.05). Dengan demikian pengujian menunjukkan
Ho 2 ditolak, sehingga hipotesis penelitian ke 2 (Ha.2) diterima Hasil ini
memperlihatkan bahwa Trustworthiness (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y) . Variabel Expertise (X3) memiliki nilai thitung sebesar
1,954. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,954>1.66023) atau Signifikansi t < 5%
(0.014< 0.05). Dengan demikian pengujian menunjukkan Ho.3 ditolak, sehingga
hipotesis penelitian ke 3 (Ha.3.) diterima. Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel
Expertise (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
besarnya F hitung lebih besar dari Ftabel (8,825> 2,32) atau Signifikansi F < 5%
(0.000< 0.05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel
Attractiveness (X1), Trustworthiness (X2), dan Expertise (X3) terhadap keputusan
pembelian (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Y = 1,615 +0,167X1 + 0,175X2 +0,071X3
Persamaan regresi berganda tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :varibel
attractiveness (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
terhadap jamu tolak angin sido muncul (Y) dengan nilai 0,167. Semakin tinggi nilai
attractiveness maka semakin tinggi pula keputusan untuk membeli jamu tolak angin
sido muncul. Variabel Trustworthiness (X2) mempunyai pengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian jamu tolak angin sido muncul (Y) dengan nilai
0,175.Semakin tinggi Trustworthiness, maka akan semakin tinggi pula tinggi pula
keputusan untuk membeli jamu tolak angin sido muncul (Y). Expertise (X3)
mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu tolak angin
sido muncul (Y) dengan nilai 0,071. Semakin tinggi expertise, maka akan semakin
tinggi tinggi pula tinggi pula keputusan untuk membeli jamu tolak angin sido muncul.

Kata kunci : celebrity endorser, attractivenes, Trustworthiness, Expertise dan
Keputusan pembelian

Daftar buku yang digunakan : 30 (2000-2013)
</description><date>2013</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/1/01_COVER.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/2/05_BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/3/06_BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/4/07_BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/5/08_BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/6/09_BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2418/7/10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><identifier>Alimiyah, Mia (2013) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian produk Jamu “Tolak Angin Sido Muncul” di Kota Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/2418/</relation><recordID>2418</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Alimiyah, Mia |
title |
Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian produk Jamu “Tolak Angin Sido Muncul” di Kota Kudus |
publishDate |
2013 |
topic |
Perdagangan. Perniagaan |
url |
http://eprints.umk.ac.id/2418/1/01_COVER.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/2/05_BAB_1.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/3/06_BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/4/07_BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/5/08_BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/6/09_BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/7/10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/2418/ |
contents |
A. Nama Penyusun : MIA ALIMIYAH
B. Judul Skripsi : PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAMU “TOLAK
ANGIN SIDO MUNCUL” DI KOTA KUDUS
C. JumalahHalaman : Permulaan xvii, Isi 95, Tabel 23, Gambar 1
D. Ringkasan
Perekonomian Indonesia yang semakin baik mengakibatkan pesatnya laju
persaingan didalam dunia usaha. Hal ini dapat kita lihat dari semakin banyaknya
perusahaan yang bergerak dibidang produk maupun jasa yang menyebabkan
persaingan dalam dunia usaha semakin ketat. Dalam persaingan dunia usaha yang
semakin ketat ini, perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dalam menetapkan strategi
yang tepat bagi perusahaan sehingga dapat menarik perhatian konsumen dan
mempengaruhi konsumen untuk dapat membeli produk mereka.
Iklan menjadi suatu pilihan yang menarik, disamping sebagai sumber
informasi, iklan juga dipandang sebagai media hiburan dan komunikasi.Iklan dapat
didefinisikan sebagai komunikasi yang disponsori, yang ditempatkan dalam media
massa dengan bayaran tertentu. Penggunaan endorser diharapkan dapat memberikan
asosiasi positif antara produk dengan endorser. Pemilihan celebritys sangat penting
sekali karena celebritys yang tepat akan mengikat erat brand produk menjadi brand
seperti yang diwakili oleh celebritys.
Jamu tolak angin yang sejak dibintangi Lula Kamal sebagai celebrity endorser
mampu berkembang pesat yang dibuktikan dengan posisi tolak yang naik sebagai
challenger atau menduduki peringkat 2 pada top brand index (TBI)(11 febuari 2013),
sehingga hal ini dapat dikatakan bahwa keputusan pembelian jamu tolak angin sido
muncul banyak dipengaruhi oleh celebrity endorser. Untuk itu maka dalam skripsi ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Lula Kamal sebagai endorser
mempengaruhi keputusan pembelian pada konsumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli produk “jamu Tolak
angin Sido muncul” yang berdomisili di Kabupaten Kudus, dengan jumlah sampel
100 responden dengan teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan metode non probability sampling yaitu dengan Purposive Samping .
Purposive Sampling merupakan teknik pengambilan sampel yang pengambilan
obyeknya sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan berbagai
cara (Fuad Mas’ud ,2004 ) . Yaitu dengan kriteria bahwa responden adalah
masyarakat yang berdomisili di kabupaten Kudus dan yang pernah membeli produk
jamu tolak angin sido muncul. Berdasarkan hasil perhitungan Variabel Attractiveness
(X1). nilai thitung sebesar 2,074 dimana Nilai thitung lebih besar dari ttabel
(2,074>1.66023) atau Signifikansi t < 5% (0.041< 0.05). Dengan demikian pengujian
menunjukkan Ho1 ditolak, sehingga hipotesis penelitian pertama (Ha.1) diterima.
Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel Attractiveness(X1) berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).Trustworthiness (X2) memiliki
memiliki nilai thitung sebesar 2,706 Nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,706>1.66023)
atau Signifikansi t < 5% (0.008< 0.05). Dengan demikian pengujian menunjukkan
Ho 2 ditolak, sehingga hipotesis penelitian ke 2 (Ha.2) diterima Hasil ini
memperlihatkan bahwa Trustworthiness (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y) . Variabel Expertise (X3) memiliki nilai thitung sebesar
1,954. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (1,954>1.66023) atau Signifikansi t < 5%
(0.014< 0.05). Dengan demikian pengujian menunjukkan Ho.3 ditolak, sehingga
hipotesis penelitian ke 3 (Ha.3.) diterima. Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel
Expertise (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y).
besarnya F hitung lebih besar dari Ftabel (8,825> 2,32) atau Signifikansi F < 5%
(0.000< 0.05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel
Attractiveness (X1), Trustworthiness (X2), dan Expertise (X3) terhadap keputusan
pembelian (Y). Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.
Y = 1,615 +0,167X1 + 0,175X2 +0,071X3
Persamaan regresi berganda tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :varibel
attractiveness (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
terhadap jamu tolak angin sido muncul (Y) dengan nilai 0,167. Semakin tinggi nilai
attractiveness maka semakin tinggi pula keputusan untuk membeli jamu tolak angin
sido muncul. Variabel Trustworthiness (X2) mempunyai pengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian jamu tolak angin sido muncul (Y) dengan nilai
0,175.Semakin tinggi Trustworthiness, maka akan semakin tinggi pula tinggi pula
keputusan untuk membeli jamu tolak angin sido muncul (Y). Expertise (X3)
mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jamu tolak angin
sido muncul (Y) dengan nilai 0,071. Semakin tinggi expertise, maka akan semakin
tinggi tinggi pula tinggi pula keputusan untuk membeli jamu tolak angin sido muncul.
Kata kunci : celebrity endorser, attractivenes, Trustworthiness, Expertise dan
Keputusan pembelian
Daftar buku yang digunakan : 30 (2000-2013)
|
id |
IOS3090.2418 |
institution |
Universitas Muria Kudus |
institution_id |
139 |
institution_type |
library:university library |
library |
UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus |
library_id |
630 |
collection |
Repositori Universitas Muria Kudus |
repository_id |
3090 |
subject_area |
Bahasa Ekonomi Hukum |
city |
KUDUS |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3090 |
first_indexed |
2016-09-22T19:10:46Z |
last_indexed |
2017-04-08T05:25:01Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765996243753893888 |
score |
16.845257 |