Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring- Jaring Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 7 Klumpit Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Sulistiyaningsih, Eko Nur
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/2384/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2384/
Daftar Isi:
  • Sulistiyaningsih, Eko Nur. 2013. Penerapan Model Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jaring- Jaring Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN 7 Klumpit Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing: (i) Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd (ii) Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Guided discovery learning, hasil belajar, jaring-jaring bangun ruang. Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas V SDN 7 Klumpit adalah rendahnya hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil observasi terhadap hasil belajar matematika menujukkan bahwa 50% siswa belum tuntas dari kriteria ketuntasan minimal. Dari permasalahan tersebut maka diadakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Klumpit dengan penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang tahun pelajaran 2012/2013?. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Klumpit dengan penerapan model pembelajaran guided discovery learning pada mata pelajaran matematika materi jaring-jaring bangun ruang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 siklus. Pada siklus I dilakukan pada tanggal 8-11 April 2013 dan pada siklus II dilakukan pada tanggal 17-22 April 2013. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini meliputi hasil belajar siswa tuntas dengan persentase siklus I sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan psikomotor belajar siswa diperoleh 3,2 pada siklus I dengan kategori sedang dan meningkat menjadi 4,0 pada siklus II dengan kategori baik. Afektif belajar siswa sebesar 3,4 pada siklus I dengan kategori sedang dan meningkat menjadi 3,9 pada siklus II dengan kategori baik. Keterampilan mengajar peneliti dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery learning diperoleh 3,1 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,8 pada siklus II. Simpulan dari hasil penelitian tersebut, bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 7 Klumpit dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran guided discovery learning. Saran setelah dilakukan penelitian ini ialah guru harus dapat memilih model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk banyak terlibat aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika