PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD I MLATINOROWITO KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS

Main Author: Setyaningsih, Widi
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/2361/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/6/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/
ctrlnum 2361
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL &#xD; ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO &#xD; PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V&#xD; SD I MLATINOROWITO KECAMATAN&#xD; KOTA KABUPATEN KUDUS&#xD; </title><creator>Setyaningsih, Widi</creator><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Setyaningsih,Widi. 2012. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD I Mlatinorowito. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus. Drs. Sucipto, M.Pd,Kons dan Khamdun,S.Pd, M.Pd,&#xD; &#xD; Pembelajaran bahasa Indonesia menurut KTSP diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hasil observasi di kelas V SD I Mlatinorowito Kudus diperoleh guru dalam mengajar belum menggunakan model dan media yang bervariasi. Kegiatan belajar mengajar berlangsung membosankan. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Kudus, dilakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Role Playing berbantuan media video pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana prosedur role playing dengan meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara serta apakah model role playing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan prosedur role playing dengan meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara serta menemukan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN I Mlatinorowito setelah diterapkan model role playing.&#xD; Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang mengungkapkan sebuah pesan kepada orang lain yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial.Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dibutuhkan metode dan media yang bervariasi. Metode pembelajan Role Playing merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dimana siswa mempelajari cara penguasaan bahan- bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan. Untuk mendukung itu dibutuhkan media video sehingga siswa lebih aktif dalam berinteraksi dengan materi. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah Penerapan model Role Playing berbantuan Media Video Pembelajaran dapat meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD I Mlatinorowito Kudus. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi, wawancara dan dokumentasi.&#xD; Peneliti membuat tiga jenis lembar observasi yakni untuk mengukur ketrampilan guru mengajar dan aktifitas siswa yang kedua faktor tersebut mempengaruhi ketrampilan berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada siklus I adalah 19,24 dengan kriteria baik . Persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada Siklus II meningkat menjadi 22,73. &#xD; Simpulan penelitian ini adalah melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Kudus. Saran yang diberikan adalah model Role Playing dengan media video pembelajaran perlu diterapkan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran keterampilan berbicara karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa. &#xD; Kata kunci : Keterampilan berbicara, model Role Playing dengan media video pembelajaran&#xD; </description><date>2013</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/6/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2361/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier>Setyaningsih, Widi (2013) PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD I MLATINOROWITO KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/2361/</relation><recordID>2361</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Setyaningsih, Widi
title PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA MELALUI MODEL ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD I MLATINOROWITO KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS
publishDate 2013
topic Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/2361/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/6/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2361/
contents Setyaningsih,Widi. 2012. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Video Pembelajaran pada Siswa Kelas V SD I Mlatinorowito. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus. Drs. Sucipto, M.Pd,Kons dan Khamdun,S.Pd, M.Pd, Pembelajaran bahasa Indonesia menurut KTSP diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Hasil observasi di kelas V SD I Mlatinorowito Kudus diperoleh guru dalam mengajar belum menggunakan model dan media yang bervariasi. Kegiatan belajar mengajar berlangsung membosankan. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Kudus, dilakukan penelitian tindakan kelas menggunakan model Role Playing berbantuan media video pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana prosedur role playing dengan meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara serta apakah model role playing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan prosedur role playing dengan meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara serta menemukan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN I Mlatinorowito setelah diterapkan model role playing. Keterampilan berbicara merupakan kemampuan seseorang mengungkapkan sebuah pesan kepada orang lain yang bertujuan untuk menciptakan hubungan sosial.Untuk meningkatkan kemampuan berbicara dibutuhkan metode dan media yang bervariasi. Metode pembelajan Role Playing merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan ketrampilan berbicara dimana siswa mempelajari cara penguasaan bahan- bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan. Untuk mendukung itu dibutuhkan media video sehingga siswa lebih aktif dalam berinteraksi dengan materi. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah Penerapan model Role Playing berbantuan Media Video Pembelajaran dapat meningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran yang dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas V SD I Mlatinorowito Kudus. Instrumen yang digunakan adalah Lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti membuat tiga jenis lembar observasi yakni untuk mengukur ketrampilan guru mengajar dan aktifitas siswa yang kedua faktor tersebut mempengaruhi ketrampilan berbicara. Hasil penelitian ini menunjukkan persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada siklus I adalah 19,24 dengan kriteria baik . Persentase ketuntasan klasikal keterampilan berbicara siswa pada Siklus II meningkat menjadi 22,73. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Role Playing dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa kelas V SD I Mlatinorowito Kudus. Saran yang diberikan adalah model Role Playing dengan media video pembelajaran perlu diterapkan dalam pembelajaran, terutama pembelajaran keterampilan berbicara karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara siswa. Kata kunci : Keterampilan berbicara, model Role Playing dengan media video pembelajaran
id IOS3090.2361
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:10:46Z
last_indexed 2017-04-08T05:25:01Z
recordtype dc
_version_ 1765996243486507008
score 16.845257