Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri siswa kelas VII SMPN 1 Jati Kudus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 Jati Kudus dengan melibatkan 199 siswa kelas VII. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan alat yang digunakan untuk memperoleh data dengan menggunakan skala efikasi diri, skala dukungan sosial, dan skala penyesuaian diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima dimana efikasi diri (X1) dan dukungan sosial (X2) mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan penyesuaian diri (Y) terbukti dengan hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0, 761 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), sumbangan efektif sebesar 57,8 %. Hasil analisis variabel efikasi diri (X1) dengan penyesuaian diri (Y) diperoleh sebesar 0,755 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) besar sumbangan efektif efikasi diri dengan penyesuaian diri sebesar 57%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMPN 1 Jati Kudus dengan demikian hipotesis pertama yang diajukan diterima. Hasil analisis variabel dukungan sosial (X2) dengan penyesuaian diri (Y) diperoleh variabel sebesar 0,610 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) besar sumbangan efektif dukugan sosial dengan penyesuaian diri sebesar 37,2%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VII SMPN 1 Jati Kudus dengan demikian hipotesis kedua yang diajukan diterima. Kata Kunci :Efikasi Diri, Dukungan Sosial, dan Penyesuaian Diri.