UPAYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN FISIK DI MASA PUBERTAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS X PEMASARAN 2 SMK NEGERI 1KUDUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Muna , Lailal
Format: Bachelors NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/2214/1/HALAMAN_JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/9/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2214/
Daftar Isi:
  • MunaLailal, 2013 “UpayaMeningkatkanPercayaDiridalamMenghadapiPerubahanFisik di MasaPubertasMelaluiLayananBimbinganKelompokSiswaKelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus TahunPelajaran 2012/2013”.Skripsi program StudiBimbingandanKonseling di UniversitasMuria Kudus, DosenPembimbing (1) Drs. Sucipto, M.Pd. Kons., DosenPembimbing (2) Drs. Masturi, M. M Kata Kunci: PercayaDiri; BimbinganKelompok. Penelitianinidilatarbelakangimasihadasebagiansiswakelas X Pemasaran 2 SMK N 1 Kudus yang mengalamirendahnyapercayadiriakanfisik di masapubertas.Halinidiperolehdarihasilwawancaradengankolaboratorpadatanggal 7 Maret 2013, bahwadikelas X Pemasaran 2 SMK N 1 Kudus terdapatsiswa yang mengalamirendahnyapercayadiri. Permasalahan yang akanditeliti: Bagaimanakahmenerapkanlayananbimbingankelompokuntukmeningkatkan rasa percayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertaspadasiswakelas X Pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus TahunPelajaran 2012/2013”?.Tujuan penelitianiniadalah: untukmendeskripsikandanmeningkatkanpercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasmelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas X PM 2 SMK N 1 KudusTahunPelajaran 2012/2013. Kegunaanpenelitianiniadalah: 1. KegunaanTeoritik: KegunaanTeoritisPenelitianiniakanmemberikansumbanganpemikiranbagiperkembanganilmupengetahuan, khususnyabimbingandankonselingtentangpenerapanlayananbimbingankelompokmelaluiteknikdiskusikelompok, rasa percayadirisiswadalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasdapat meningkat.2. KegunaanPraktis: 1) Diharapkandapatmembantusiswamenemukansolusirendahnyapercayadiridandapatmembantusiswameningkatkanpotensidirinyadenganmemanfaatkandinamikakelompokdalamlayananbimbingankelompok. 2) Memberialternatifdalammengarahkansiswauntukdapatmengarahkansiswauntukdapatmeningktakan rasa percayadirisiswadalammenghadapiperubahanfisik di masapubertas. KajianTeoridaripenilitianiniadalahpengertianpercayadiri, pengertianpubertas, perubahanfisik di masapubertas, jenis-jenispercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertas, factor-faktor yang mempengaruhipercayadiri, pengertianbimbingankelompok, tujuanbimbingankelompok, manfaatlayananbimbingankelompok, fungsilayananbimbingankelompok, cirri-ciribimbingankelompokmateribimbingankelompoktahap-tahapbimbingankelompok, danupayadalammeningkatkan rasa percayadirimelaluilayananbimbingankelompok. Dari kajianpustakatersebutmakahipotesisdalampenelitianinidirumuskansebagaiberikut: melaluilayananbimbingankelompokdapatmeningkatkanrasapercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertaspadasiswakelas X pemasaran 2 SMK Negeri 1 Kudus tahunpelajaran 2012/2013.”. Metodepenelitian:penelitianinimenggunakandesain PTBK yang bersifatrefleksidenganduasiklus. Tiapsiklusdilaksanakantiga kali kegiatansesuaidenganindikatorperubahantingkahlaku yang hendakdicapai.Hasiltiapsiklusdipergunakanuntukmerefleksilangkah yang harusdilakukanberikutnya.Adapunalat dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Dalampenelitianiniterdiridariduavariabelyaitu:variabelbebas;layananbimbingankelompok (X) danvariabelterikat;percayadiri (Y). Hasilpenelitianiniberdasarkanhasilobservasisebelumtindakanbimbingankelompokperilakusiswa yang sesuaidenganindikatormasukdalamkategorisangatkurangdenganskore rata-rata 7, 5.Setelah diberilayananbimbingankelompokpadasikus I, perilakubaiksiswameningkatmenjadikategoricukupdenganskore rata-rata 14, 5.Sedangkan padasiklus II perilakubaiksiswaterusmeningkatmenjadikategorisangatbaikdenganperolehanskore rata-rata 22, 7. Hal inimenunjukkanlayananbimbingankelompokdapatmeningkatkanpercayadirisiswakelas X PM 2 SMK N 1 Kudus Tahunperlajaran 2012/2013. Hasilpembahasanpenelitiantindakanbimbingandankonseling (PTBK)menunjukkanbahwapercayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasdapatditingkatkanmelaluilayananbimbingankelompok (BKp). Hasilpenelitianinidikatakanberhasilkarenamemenuhihipotesispeneliti yang berbunyi “Layananbimbingankelompokdapatmeningkatkan rasa percayadiridalammenghadapiperubahanfisik di masapubertaspadasiswakelas X Pemasaran 2 SMK N 1 Kudus TahunPelajaran 2012/2013”, diterimakarenatelahterujikebenarannya. Berdasarkanpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwapercayadirisiswasetelahmemperolehlayananbimbingankelompokterjadipeningkatan, ditandaitingkahlakupercayadirisiswadalammenghadapiperubahanfisik di masapubertasdapatmeningkat, padakondisiawalsebelumdiberikanlayananbimbingankelompokada 8 siswa yang percayadirinyarendahdanperludiberikantindakan. Sebelumdiberikanbimbingankelompokpadakondisiprasikluspercayadirinyadalamkategorisangatkurangdengan rata-rata 7, 5 Sesudahmendapatkanlayananbimbingankelompokpadasiklus I meningkatdalamkategoricukupdengan rata-rata 14, sedangkanpadasiklus II mengalamipeningkatandengan rata-rata 22, 7 dengankategorisangatbaikDengandemikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenatelahterujikebenarannya.Penelitimemberikan saran kepada: 1. Kepalasekolahhendaknyamemilih guru pembimbing yang benar-benar guru lulusan BK bukan guru matapelajarandijadikan guru BK. 2. Konselordapatmemprogramkanlayananbimbingankelompokuntukmembentukperilakupositifsiswa. 3. Siswaaktifmemanfaatkanlayananbimbingankelompokuntukmembantumemecahkanpersoalan.