Daftar Isi:
  • Liani,VinaAkhir. 2013 “Upaya PeningkatanSikapKepemimpinanMelaluiLayananBimbinganKelompokPadaSiswaKelas VII C MTs HIDAYATUL MUSTAFIDIN Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus, Dosen Pembimbing I Drs. SusiloRahardjo, M.Pd, Dosen Pembimbing Drs. Masturi, MM. Kata Kunci:SikapKepemimpinan;Bimbingan Kelompok. Mengingatkondisikurangbersikapantusiasmedalammenunjukansikapkepemimpinanbisamempengaruhitingkatprestasi yang dicapaiolehsiswa.Olehkarenaitupersoalantentangkurangmampunyasikapkepemimpinansiswapadakelas VII C MTs HidayatulMustafidinDawe Kudus merupakanpersoalan yang pentingdanharussegeradipecahkan.Permasalahan yang diteliti: apakahdenganlayananbimbingankelompokdapatmeningkatkansikapkepemimpinanpadasiswa?,seberapabesarpeningkatansikapkepemimpinansiswakelas VII C MTs HidayatulMustafidinDawe Kudus setelahmengikutilayananbimbingankelompoktahunpelajaran 2012/2013? Tujuanpenelitianiniialahuntukmeningkatkansikapkepemimpinansiswamelaluilayananbimbingankelompok yang padakondisiawalkurang agar menjadilebihbaik.Adapunkeguanaanpenelitianadalah: 1. Kegunaanteoritis: Hasildarilayananbimbingankelompokinidiharapkanbisamengembangkanteoribimbingankelompokdalammeningkatkansikapkepemimpinansiswa. 2. Kegunaanpraktis: a. BagiSekolah 1. Hasilpenelitianinidiharapkandapatmemberikanalternatifdalampengembangansikapkepemimpinansiswayaitumelaluilayananbimbingankelompok. 2. Denganadanyapenelitianini, diharapkansekolahmenyediakansaranadanprasaranagunamendukungkegiatanlayananbimbingankelompok. b. Bagi Guru Pembimbing (Guru BK) Bagi guru BK di sekolahtersebut, dapatbermanfaat : 1. Membantumeningkatkansikapkepemimpinansiswamelaluipenerapanlayananbimbingankelompok. 2. Sebagaikontribusidalampelaksanaanbimbingankelompokuntukmenyelesaikanmasalahtentangsikapkepemimpinansiswa. c. BagiSiswa, siswabisameningkatkansikapkepemimpinandenganmemanfaatkandinamikakelompokmelaluilayananbimbingankelompok. Sikap kepemimpinan adalah suatu tindakan terhadap suatu objek, memihak atau tidak memihak yang merupakan keteraturan tertentu seseorang terhadap suatu aspek lingkungan yang dapat mempengaruhi orang lain agar memiliki suatu keinginan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Hipotesis tindakan bimbingan kelompok ini adalah ‘’Layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap kepemimpinan siswa kelas VII C MTs Hidayatul Mustafidin Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013’’. Subjekpenelitianadalah 8 siswa yang sikapkepemimpinnnyakurang.Variabelmeliputivariabel X (bimbingankelompok) danvariabel Y (sikapkepemimpinansiswa).metodepengumpulan data menggunakanwawancara, observasi, dandokumentasi. Hasilanalisis: berdasarkanhasilpengamatanterhadapsiswakelas VII C MTs HidayatulMustafidin, padakondisiawalada 8 siswa yang sikapkepemimpinannyadalamkategorisangatkurang. Sesudahmendapatkanlayananbimbingankelompokpadasiklus I meningkatdalamkategorikurang (50,28%) denganskor rata-rata, padasiklus II meningkatmenjadikategoribaik (77,04%) denganskor rata-rata. Simpulanberdasarkanhasilwawancaradanobeservasimenunjukkanbahwamelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas VII C MTs HidayatulMustafidinadapeningkatannya, siswa yang semulasikapkepemimpinannyakurangmeningkatmenjadilebihbaik. Dengandemikianhipotesis yang diajukandapatditerimakarenatelahterujikebenarannya.Berdasarkansimpulandiatasmakadapatdiajukan saran-saran sebagaiberikut : 1. Kepalasekolah, Menambahsaranadanprasarana yang dapatmenunjangdalamsikapkepemimpinanpadasiswakelas VII C MTs HidayatulMustafidinmelaluilayananbimbingankelompok, sehinggasiswadapatmenunjukansikapkepemimpinannya. 2.Peneliti, Menambahwawasandalammenyelesaikanpermasalahan yang dialamisiswakhususnyaterkaitdalamupayapeningkatansikapkepemimpinanmelaluilayananbimbingankelompokpadasiswakelas VII C MTs HidayatulMustafidinDawe Kudus. Agar konselorlebihbersikap professional dalammembantupermasalahanklien. 3. Guru pembimbing, hendaknyamemasukanlayananbimbingankelompoksebagaisalahsatu program bimbingandankonselingdisekolahdanmemberikanlayananbimbingankelompokkepadasiswasecaraberkalakarenaselamainisiswajarangsekalipernahmengikutibimbingankelompok. 4.Siswa, Siswaharusmenyadariakanpentingnyasikapkepemimpinan agar siswadapatmenunjukansikapkepemimpinannyadanberantusiasmedalammengikutilayananbimbingankelompok.