Eksperimentasi Pembelajaran matematika Menggunakan Pendekatan Quantum Learning dengan Metode Penemuan pada Sub Pokok Bahasan Luas Permukaan dan Volume Tabung, kerucut dan Bola Ditinjau dari kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta

Main Author: Bintoro, Henry Suryo
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/218/1/Sampul.jpg
http://eprints.umk.ac.id/218/2/Sampul_dan_Daftar_Isi.pdf
http://eprints.umk.ac.id/218/3/Artikel.pdf
http://eprints.umk.ac.id/218/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan luas permukaan dan volume tabung, kerucut dan bola menggunakan pendekatan quantum learning dengan metode penemuan menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode konvensional, (2) apakah terdapat pengaruh kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (3) apakah terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental semu kuantitatif. Sampel dipilih secara cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai persyaratan penelitian dilakukan uji keseimbangan dengan uji-Z dan sebagai persyaratan analisis data dilakukan uji normalitas menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan metode Bartlett. Berdasarkan kajian teori dan hasil perhitungan pada analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama diperoleh hasil: (1) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan quantum learning dengan metode penemuan lebih baik daripada metode pembelajaran konvensional, (2) prestasi belajar siswa dengan kreativitas belajar yang lebih tinggi lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar yang lebih rendah. Siswa dengan kreativitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar sedang, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kreativitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.