ctrlnum 2151
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V Sdn Sumbermulyo Rembang</title><creator>Alimah, Siti</creator><subject>Pendidikan dasar</subject><description>Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan sesekali bertanya kepada siswa tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan ide dan gagasannya. Hal ini yang menyebabkan siswa menjadi kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran karena siswa tidak dituntut untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran dan siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran tersebut, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah penerapan model Inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan (2) apakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V SDN Sumbermulyo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri dan menemukan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo.&#xD; &#xD; Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Sedangkan Inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Hipotesis tindakan adalah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya bagi siswa kelas V SDN Sumber Mulyo Rembang.&#xD; &#xD; Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Sumber Mulyo Rembang dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar IPA. &#xD; &#xD; Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai prestasi belajar IPA siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang cukup signifikan antara siklus I (66,67%), dan siklus II (88%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa pada siklus I 69,39% (baik) menjadi 77,42% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model inkuiri juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,67 (baik) menjadi 79,86% (baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo Rembang.&#xD; &#xD; Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sumbermulyo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo Rembang. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model inkuiri, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya.&#xD; &#xD; </description><date>2013-09</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/1/halaman_judul.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/7/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.umk.ac.id/2151/9/Lampiran.pdf</identifier><identifier>Alimah, Siti (2013) Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V Sdn Sumbermulyo Rembang. Skripsi Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.</identifier><relation>http://eprints.umk.ac.id/2151/</relation><recordID>2151</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Alimah, Siti
title Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Kelas V Sdn Sumbermulyo Rembang
publishDate 2013
topic Pendidikan dasar
url http://eprints.umk.ac.id/2151/1/halaman_judul.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/2/BAB_I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/3/BAB_II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/4/BAB_III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/6/BAB_V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/7/BAB_VI.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/9/Lampiran.pdf
http://eprints.umk.ac.id/2151/
contents Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan sesekali bertanya kepada siswa tanpa memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengemukakan ide dan gagasannya. Hal ini yang menyebabkan siswa menjadi kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran karena siswa tidak dituntut untuk menemukan sendiri konsep pembelajaran dan siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran tersebut, sehingga prestasi belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) bagaimanakah penerapan model Inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan (2) apakah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dapat meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V SDN Sumbermulyo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri dan menemukan peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo. Prestasi belajar merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Sedangkan Inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Hipotesis tindakan adalah penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi sifat-sifat cahaya bagi siswa kelas V SDN Sumber Mulyo Rembang. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN Sumber Mulyo Rembang dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri. Sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar IPA. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan nilai prestasi belajar IPA siswa pada materi sifat-sifat cahaya yang cukup signifikan antara siklus I (66,67%), dan siklus II (88%), didukung dengan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa pada siklus I 69,39% (baik) menjadi 77,42% (baik) siklus II. Pengelolaan pembelajaran model inkuiri juga mengalami peningkatan pada siklus I 66,67 (baik) menjadi 79,86% (baik) siklus II. Hal itu membuktikan bahwa penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo Rembang. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SDN Sumbermulyo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inkuiri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sumbermulyo Rembang. Untuk itu disarankan dalam menerapkan model inkuiri, guru harus memberi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada penemuan konsep agar siswa dapat mengembangkan daya berpikirnya.
id IOS3090.2151
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2016-09-22T19:10:38Z
last_indexed 2017-04-08T05:24:56Z
recordtype dc
_version_ 1765996241969217536
score 16.845257