Eksperimentasi pembelajaran matematika dengan model group investigation pad Mts al anwar sarang kabupaten rembag materi pecahan ditinjau dari aktivitas belajar
Main Author: | sumaji, - |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/1901/1/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/2/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/3/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/4/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/5/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/6/daftar_Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/7/JURNAL_MAJI_NEW.pdf http://eprints.umk.ac.id/1901/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik model pembelajaran Group Investigation atau langsung, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang atau rendah, dan (3) pada masing-masing aktivitas belajar, manakah yang memberikan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran Group Investigation atau langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dengan rancangan faktorial 2x3. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2012 sampai Augustus 2013 dengan populasi siswa kelas VII MTs Al Anwar Sarang Kabupaten Rembang. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) model pembelajaran Group Investigation memberikan prestasi belajar matematika lebih baik daripada langsung, (2) siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah, dan siswa dengan aktivitas belajar sedang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada siswa dengan aktivitas belajar rendah, (3) Pada siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang dan rendah model pembelajaran Group Investigation memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung