PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ETNOLINGUISTIK BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM NUSANTARA UNTUK MAHASISWA PGSD
Main Authors: | -, Murtono, Ahsin, Muhammad Noor |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18350/1/4%20PENGEMBANGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20ETNOLINGUISTIK.pdf http://eprints.umk.ac.id/18350/2/4%20PENGEMBANGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20ETNOLINGUISTIK%20%28hasil%20turnitin%29.pdf http://eprints.umk.ac.id/18350/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menerapkan model pembelajaran etnolinguistik berbasis nilai-nilai islam nusantara untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahapan dalam penelitian ini mengambil tujuh langkah dari sepuluh langkah R & D yang ditawarkan oleh Gall dan Borg. Data yang ingin dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data yang yang menunjukkan bahan ajar dan desain pembelajaran etnolinguistik berbasis nilai-nilai Islam Nusantara untuk mahasiswa PGSD. Subjek uji coba produk adalah dosen dan mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Hasil penelitian ini model pembelajaran etnolinguistik berbasis nilai Islam Nusantara dan bahan ajar. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran etnolinguistik berbasis nilai-nilai islam nusantara dan bahan ajar etnolinguistik berbasis nilai-nilai islam nusantara sudah layak dan memenuhi syarat untuk digunakan sebagai model pembelajaran dan bahan ajar.