Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Konservasi Untuk Guru SD 3 Peganjaran Kudus

Main Authors: Masfuah, Siti, Fakhriyah, Fina, Kuryanto, M Syaffruddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18327/1/6.%20Kuryanto%201%20artikel%20asli.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18327/2/6.%20Kuryanto%201%20turnitin.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18327/
ctrlnum 18327
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/18327/</relation><title>Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Konservasi Untuk Guru SD 3 Peganjaran Kudus</title><creator>Masfuah, Siti</creator><creator>Fakhriyah, Fina</creator><creator>Kuryanto, M Syaffruddin</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Background: Pengenalan konservasi merupakan tanggung jawab bersama dan harus dikenalkan sejak dini diantaranya pada lingkungan sekolah dasar melalui media pembelajaran berbasis konservasi sehingga mudah diterima oleh siswa. Tujuan dari &#xD; pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada guru tentang pemanfaatan barang bekas sebagai media tanam hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi dan penggunaannya dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. &#xD; Metode: Metode yang digunakan dalam proses pelatihan adalah dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 3 Peganjaran Kudus sebagai peserta pelatihan untuk menyumbangkan ide, &#xD; pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Pelaksanaan pendampingan pembuatan dan penggunaan hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi pada guru SD 3 Peganjaran Kudus dirancang dalam beberapa tahap, antara lain: &#xD; perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru di SD 3 Peganjaran Kudus mampu membuat, menggunakan alat peraga, dan melakukan simulasi dan praktik pembelajaran tematik menggunakan hidroponik dan media edukatif berbasis konservasi. Kesimpulan: Alat peraga mampu dijadikan sebagai media edukatif yang bersifat konservatif tematik di sekolah. &#xD; Kata kunci: Hidroponik; Konservasi; Media Pembelajaran</description><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18327/1/6.%20Kuryanto%201%20artikel%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18327/2/6.%20Kuryanto%201%20turnitin.pdf</identifier><identifier> Masfuah, Siti and Fakhriyah, Fina and Kuryanto, M Syaffruddin Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Konservasi Untuk Guru SD 3 Peganjaran Kudus. Jurnal SOLMA. </identifier><recordID>18327</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Masfuah, Siti
Fakhriyah, Fina
Kuryanto, M Syaffruddin
title Pendampingan Pembuatan Hidroponik Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Konservasi Untuk Guru SD 3 Peganjaran Kudus
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/18327/1/6.%20Kuryanto%201%20artikel%20asli.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18327/2/6.%20Kuryanto%201%20turnitin.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18327/
contents Background: Pengenalan konservasi merupakan tanggung jawab bersama dan harus dikenalkan sejak dini diantaranya pada lingkungan sekolah dasar melalui media pembelajaran berbasis konservasi sehingga mudah diterima oleh siswa. Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan kepada guru tentang pemanfaatan barang bekas sebagai media tanam hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi dan penggunaannya dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Metode: Metode yang digunakan dalam proses pelatihan adalah dengan memberikan pelatihan interaktif dan pendampingan sehingga memberikan kesempatan kepada guru SD 3 Peganjaran Kudus sebagai peserta pelatihan untuk menyumbangkan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Pelaksanaan pendampingan pembuatan dan penggunaan hidroponik dan media edukatif untuk menanamkan karakter konservasi pada guru SD 3 Peganjaran Kudus dirancang dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil: Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru di SD 3 Peganjaran Kudus mampu membuat, menggunakan alat peraga, dan melakukan simulasi dan praktik pembelajaran tematik menggunakan hidroponik dan media edukatif berbasis konservasi. Kesimpulan: Alat peraga mampu dijadikan sebagai media edukatif yang bersifat konservatif tematik di sekolah. Kata kunci: Hidroponik; Konservasi; Media Pembelajaran
id IOS3090.18327
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-04-15T07:15:33Z
last_indexed 2023-04-15T07:15:33Z
recordtype dc
_version_ 1765996447634817024
score 17.13294