Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem

Main Authors: SAFITRI, YUDIT MARTALIA, -, Murtono, Kuryanto, M Syaffruddin
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18326/1/5.%20yudit%20artikel%20asli.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18326/2/5.%20Yudit%20turnitin.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18326/
ctrlnum 18326
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/18326/</relation><title>Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem</title><creator>SAFITRI, YUDIT MARTALIA</creator><creator>-, Murtono</creator><creator>Kuryanto, M Syaffruddin</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model make a match dengan bantuan media kartu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada Arikunto yang terdiri dari empat langkah yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Desa Karang Bener yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui tes evaluasi &#xD; pembelajaran yang dilaksanakan pada akhir siklus, sedangkan teknik non tes yang digunakan antara lainobservasi atau observasi meliputi lembar observasi keterampilan siswa. aspek sikap dan keterampilan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan data yang digunakan adalah validitas isi Expert Judgment. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu dapat meningkatkan hasil &#xD; belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 52 dan pelajaran IPS dengan rata-rata 56,5. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat lagi pada pelajaran Bahasa Indonesia 82 dan pelajaran IPS sebesar 83. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Ekosistem di Desa Karang Bener.&#xD; Kata Kunci: hasil belajar siswa; media kartu; model make a match</description><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18326/1/5.%20yudit%20artikel%20asli.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/18326/2/5.%20Yudit%20turnitin.pdf</identifier><identifier> SAFITRI, YUDIT MARTALIA and -, Murtono and Kuryanto, M Syaffruddin Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem. Jurnal Educatio. </identifier><recordID>18326</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author SAFITRI, YUDIT MARTALIA
-, Murtono
Kuryanto, M Syaffruddin
title Keefektivan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Ekosistem
topic Pendidikan (Umum)
url http://eprints.umk.ac.id/18326/1/5.%20yudit%20artikel%20asli.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18326/2/5.%20Yudit%20turnitin.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18326/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model make a match dengan bantuan media kartu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengacu pada Arikunto yang terdiri dari empat langkah yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Desa Karang Bener yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes dilakukan melalui tes evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan pada akhir siklus, sedangkan teknik non tes yang digunakan antara lainobservasi atau observasi meliputi lembar observasi keterampilan siswa. aspek sikap dan keterampilan, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan data yang digunakan adalah validitas isi Expert Judgment. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan pada siklus I pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan rata-rata 52 dan pelajaran IPS dengan rata-rata 56,5. Pada siklus II, skor rata-rata meningkat lagi pada pelajaran Bahasa Indonesia 82 dan pelajaran IPS sebesar 83. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Make A Match berbantuan media kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Ekosistem di Desa Karang Bener. Kata Kunci: hasil belajar siswa; media kartu; model make a match
id IOS3090.18326
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-04-15T07:15:33Z
last_indexed 2023-04-15T07:15:33Z
recordtype dc
_version_ 1765996447631671296
score 17.13294