Identifikasi Kesulitan Belajar Pada Anak Pendidikan Usia Dini

Main Authors: Raharjo, Trubus, Ahyani, Latifah Nur
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/183/1/IDENTIFIKASI_KESULITAN_BELAJAR_PADA_ANAK.pdf
http://jurnal.umk.ac.id/?page_id=1546
http://eprints.umk.ac.id/183/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gangguan-gangguan belajar anak-anak pada pendidikan Anak Usia Dini. Gangguan belajar yang dihadapai anak dikelompokkan dalam 4 kriteria yaitu kematangan kognitif, perhatian rendah, hiperaktif, dan retardasi mental. Sampel penelitian ini adalah anak-anak usia dini yang dianggap mempunyai masalah dengan kesulitan belajar yang bersekolah di PAUD atau TK di kabupaten Kudus yang diambil secara acak. Adapaun sekolah PAUD atau TK yang menjadi tempat penelitian sebanyak 7 PAUD atau TK. Hasil penelitian yang dilakukan dengan melakukan observasi untuk mengidentifikasi kesulitan belajar pada anak-anak usia dini dari 22 anak diperoleh hasil bahwa anak yang mengalami masalah kematangan kognitif sebanyak 6 anak, hiperaktif sebanyak 6 anak, masalah kematangan kognitif dan perhatian yang rendah sebanyak 10 anak, dan tidak ada yang mengalami retardasi mental.