Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V Di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken

Main Authors: Silviana Fitry, Riventy, Khamdun, Khamdun, Ulya, Himmatul
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18281/1/Inovasi%20Analisis%20Kesalahan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18281/2/Turnitin%20Analisis%20Kesalahan.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18281/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi pecahan mengunakan prosedur newman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan menggunakan tahapan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pencatatan sebagai tahapan pengumpulan data penelitian. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif deskriptif. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN Ronggo 03 Kecamatan Jaken dengan mengambil siswa kelas V sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan prosedur newman semua siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, tiga kesalahan dalam membaca, tujuh kesalahan dalam memahami soal, lima kesalahan dalam mentransformasi masalah ke rumus matematika, Sembilan kesalahan dalam proses penghitungan, dan dua kali kesalahan dalam penulisan jawaban. Kesalahan-kesalahan tersebut disebabkan oleh faktor siswa yang kesulitan dalam memahami masalah di dalam soal, siswa tidak memahami konsep dan operasi pecahan, dan siswa tergesa – gesa dan tidak teliti dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kata Kunci: Kesalahan SISWA, SOAL CERITA, MATEMATIKA