Meningkatkan prestasi belajar ipa dengan menggunakan media spesimen,media gambar, dan kemampuan awal pada siswa sd
Main Author: | khamdun, - |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi PGSD, FKIP, Universitas Muria Kudus
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18245/1/Refleksi%20edukatika%20th%2013.pdf http://eprints.umk.ac.id/18245/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dengan menerapkan media spesimen dan gambar.Secara khusus penelitian ini bertujuan: meningkatkan prestasi belajar IPA dengan menggunakan media spesimen, gambar dan kemampuan awal pada siswa SD Penelitian ini yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok dalam melaksanakan proses belajar mengajar.Kelompok pertama proses belajar mengajar dibantu dengan menggunakan media spesimen dan kelompok kedua dibantu dengan menggunakan media gambar.Hasil kedua kelompok ini dibandingkan dan dilihat.Keberartian beda hasil belajar siswa ditentukan dengan menggunakan rumus statistik.Desain penelitian menggunakan desain faktorial 2 X 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian dengan menggunakan media spesimen,media gambar dan kemampuan awal pada siswa SD dapat meningkatkan prestasi belajar. Hal ini didasarkan pada data penelitian diketahui bahwa responden = 26 siswa, skor tertinggi = 33,000, skor terendah = 22,000, mean= 28,265, median= 29,000, modus= 29,000, Standar deviasi = 3,211, kuartil 1= 26,652, yang artinya 75% dari responden memiliki skor > 26,660, kuartil 3= 28,375 yang artinya 25 % dari responden memiliki skor > 29,360.