Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis literasi numerik untuk siswa kelas iv sekolah dasar di gugus amarta kecamatan kragan Rembang
Main Author: | PURWANTI, LISA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18083/1/1%20Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/18083/ |
Daftar Isi:
- Literasi numerasi diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan penalaran. Kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Penyebab rendahnya pencapaian siswa dalam pelajaran matematika khususnya literasi numerasi adalah kemampuan penalaran matematis siswa masih belum sesuai kompetensinya, media pembelajaran kurang menarik sehingga anak bosan, pembelajaran masih terpusat pada guru, kurangnya kreativitas guru dalam membuat atau menentukan media belajar yang sesuai minat anak dan kurangnya motivasi peserta didik saat mengikuti kegiatan pembelajaran pada peningkatan penalaran matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui analisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis literasi numerik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar 2) mengetahui desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis literasi numerik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar 3) mengetahui kelayakan desain pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis literasi numerik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar 4) mengetahui efektivitas pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis literasi numerik untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (R&D). Analisis data yang digunakan meliputi wawancara dengan guru dan siswa, validasi produk bahan ajar dan soal post tes. Teknik analisis data berupa teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk menjelaskan data validasi ahli dan angket respon. Sedangkan analisis kuantitatif berupa skor angket dan tes. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan anak tertarik dan antusias dengan bahan ajar LKS. Guru juga membutuhkan bahan ajar yang mendukung pembelajaran literasi numerasi. Validasi ahli media mendapatkan skor 91.4% dengan predikat sangat layak dan ahli materi 80% dengan predikat valid. Hasil angket respon guru mendapatkan 84.2% dengan kategori sangat layak dan angket respon anak mendapatkan 83.6% dengan katagori sangat suka. Kesimpulan penelitian ini bahwa Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Literasi Numerik efektif dalam meningkatkan penalaran matematis Siswa Sekolah Dasar.