Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) matematika berbasis higher order thinking skills (hots) materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar kelas vi kecamatan montong kabupaten tuban

Main Author: DARWAN, -
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18081/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/6/BAB%20%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18081/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah 1. Menganalisis kebutuhan LKPD berbasis HOTS siswa kelas VI pada mata pelajran matematika Bangun Ruang 2. Untuk mengetahui apakah desain LKPD berbasis HOTS dapat membuat siswa untuk berfikir kritis pada materi bangun ruang mata pelajaran matematika siswa kelas VI 3.Untuk mengetahui apakah LKPD berbasis HOTS praktis dan efektif dapat meninsgkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada meteri bangun ruang mata pelajaran matematika. Penelitian ini mengunakan penelitian Research and Development (R & D) dengan model 4D yang pernah dikembangkan oleh (Tiagharajan Samel : 1794) tahapan model 4D adalah : 1. Pendefinisian (define) 2. Perancangan (Design) 3. Pengembangan (Develop) 4. Penyebarluasan (disseminate). Penelitian ini hanya sampai tahapan tiga yaitu pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang didapatkan dari wawancara, observasi, validasi ahli. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kualitas LKPD yang dikembangkan berbasis HOTS sangat dibutuhkan siswa hal ini dapat diamati dari pengisian lembar observasi kebutuhan LKPD siswa mencapai 87,7%(sangat membutuhkan). dari segi desain meliput : (disain sampul, KD dan idikator),tujuan,pembahasan materi,soal-soal) untuk mengetahui uji kepraktisan rata-rata X-gab pada siswa 4,6, pada guru 4,6 (sangat baik) dan uji peningkatan hasil belajar mengunakan rumus N-Gain dari kedua sekolah SDN Talangkembar II dan SDN Tanggulangin II didapatkan skor 0,81 (tinggi). Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan LKPD berbasis HOTS pada matapelajaran Matematika materi bangun ruang ini dapat mendorong siswa untuk berfikir lebih kritis desain sangat praktis sehingga efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang siswa kelas VI sehingga layak dan sangat baik untuk digunakan dalam kegiatan pembelajran di Sekolah Dasar kelas VI.