Pengaruh model think pair share dan mind mapping berbantu gawai untuk meningkatkan pemahaman Nilai-nilai pancasila pada siswa kelas vi sd Di gugus sunan kalijaga guntur demak
Main Author: | MUTOFIFIN, MUHAMMAD |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18080/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/18080/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menjelaskan pengaruh model TPS terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila siswa Kelas VI SD, (2) untuk menjelaskan pengaruh model Mind Mapping berbantuan gawai terhadap pemahaman nilai-nilai pancasila siswa Kelas VI SD, (3) untuk menjelaskan pengaruh model TPS dan Mind Mapping secara Bersamaan terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila siswa Kelas VI SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, Menggunakan desain true eksperimental design jenis desain pretest-posttest control group design. Penelitian dilaksanakan di Gugus Sunan Kalijaga Kecamatan Guntur Kabupaten Demak diambil sampel 4 SD secara random sampling. Sampel terdiri dari SDN Sidokumpul yang terdiri dari 18 siswa (kelas kontrol), SDN Blerong 2 terdiri dari 24 siswa (kelas eksperimen 1), SDN Gaji 2 terdiri dari 20 siswa (kelas eksperimen 2), dan SDN Banjarejo terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Data pengujian tersebut diolah dengan menggunakan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh model Think Pair Share terhadap peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Hal ini terbukti dari hasil Uji t dengan nilai Sig. (Two-Sided p) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh metode Mind Mapping berbantu gawai terhadap peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Hal ini terbukti dari hasil Uji t dengan nilai Sig. (Two-Sided p) sebesar 0,002, maka 0,002 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu gawai secara bersamaan terhadap peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Guntur Demak. Berdasarkan hasil Uji t dengan nilai Sig. (Two-Sided p) sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05. Kesimpulannya adalah pembelajaran model Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu Gawai dapat meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada siswa kelas VI SD di Gugus Sunan Kalijaga Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah guru hendaknya menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Mind Mapping berbantu gawai untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai Pancasila.