Daftar Isi:
  • Penelitian ini penulis lakukan karena masih banyak permasalahan di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang diantaranya adalah masih rendahnya efikasi dan semangat kerja guru di korwil Dinas Pendidikan khususnya di Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan angka sebagai alat untuk menganalisis mengenai apa yang ingin diketahui dan untuk penarikan kesimpulan menggunakan perhitungan statistik. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variable terikat (kinerja guru ), variable bebas (efikasi diri dan kepuasan kerja ) dan variable antara (Motivasi kerja ) . Dari penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa efikasi diri dan Motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru di korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Sedan. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya OCB Kinaerja guru, sehingga hipotesis 1 (H1) diterima dan Hipotesis nol (H0) ditolak. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap O, sehingga hipotesis 2 diterima dan hipotesis 0 ditolak. Efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, sehingga hipotesis 3 terbukti dan hipotesis nol ditolak. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, sehingga hipotesis 4 terbukti dan hipotesis nol (H0) ditolak. Pengaruh budaya OCB kerja terhadap kinerja. OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, sehingga hipotesis 5 terbukti. Berdasarkan hasil uji F persamaan II disimpulkan bahwa secara bersama-sama variabel bebas (efikasi diri, OCB dan kepuasan kerja) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat (kinerja guru).