PENGARUH PERMAINAN ANAK TERHADAP KECERDASAN MORALITAS ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19
Main Author: | ERYTIRA, VIKA ADINDA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18055/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/18055/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen Kuantitatif yang bertujuan untuk: (1)Mengetahui pengaruh permaianan modern (mobile legends dan free fire) anak kelas tinggi terdadap kecerdasan moral (2) Mengetahui pengaruh permaianan tradisional anak kelas tinggi terhadap kecerdasan moral (3) Mengetahui perbedaan pengaruh permainan tradisional dan permainan modern (mobile legends dan free fire) terhadap kecerdasan moral anak kelas tinggi di masa pandemi SDN 1 Tungulpandean, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara. . Bermain merupakan keseluruhan aktivitas yang dilakukan oleh individu atau kelompok, bahkan mengisi sebagian besar dari kehidupan anak-anak dengan bermain. Bermain juga dapat mengembangkan aspek moral, motorik, kognitif, serta perkembangan sosial anak. kecerdasan moral merupakan kemampuan dalam memahami hal yang benar dan salah, artinya seseorang memiliki keyakinan etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakihan tersebut sehingga seseorang akan bersifat benar dan terhormat. Sampel pada penelitian ini sebanyak 18 siswa kelas 6 di SDN 1 Tunggulpandean, Nalumsari, Jepara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner (Angket) moral siswa yeng terdiri dari empat aspek moral siswa, yaitu integritas, tanggung jawab, kasih sayang, dan pemaaf. Kuesioner moral siswa memuat 30 item dengan 4 alternatif jawaban, yaitu: selalu, kadang-kadang, jarang dan tidak pernah. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas 6 SDN 1 Tunggulpandean, Nalumsari, Jepara membuktikan bahwa permainan modern tidak dapat mempengaruhi kecerdasan moralitas anak dan permainan trasidional tidak dapat mempengaruhi kecerdasan moralitas anak. lalu jika dilihat dari pengaruh kedua permainan modern dan tradisional tidak ada pengaruh terhadap kecerdasan moralitas anak namun jika dilihat dari nilai mean nilai kelas kontrol lebih tinggi dari kelas eksperimen. Jadi dapet disimpulkan bahwa permainan tidak mempengaruhi kecerdasan moralitas anak di masa pandemi Covid-19. Jenis permainan memang tidak mempengaruhi kondisi kecerdasan moralitas anak namun, orang tua harus tetap mengawasinya dan memperhatikan jenis permainan yang dimainkan anak.