Pengaruh model problem based learning dan project based learning terhadap keterampilan berpikir kritis ipa pada siswa kelas v sd di gugus gunung semeru kecamatan mijen kabupaten demak

Main Author: SETYOWATI, ENDANG
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/18032/1/HALAMAN%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/18032/
Daftar Isi:
  • “Pengaruh Model Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V SD di Gugus Gunung Semeru Kecamatan Mijen Kabupaten Demak”. Tesis. Magister Pendidikan Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (I) Dr. Su’ad, M.Pd., (II) Dr. Gunawan Setiadi, S.IP, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V SD di Gugus Gunung Semeru Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. (2) Menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V SD di Gugus Gunung Semeru Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. (3) menganalisis perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis IPA pada siswa kelas V SD di Gugus Gunung Semeru Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V Gugus Gunung Semeru Mijen Demak. Sampel penelitian ini meggunakan 3 SD. SDN Mlaten 1 dengan model Problem Based Learning, SDN Mlaten 2 dengan model Project Based Leraning dan SDN Geneng 3 dengan pembelajaran konvensional. Tehnik pengambilan sampel adalah purpose sampling. Instrumen penelitian berupa tes uraian. Teknik analisis data dengan deskripsi data, uji normalitas dan uji homogenitas, uji t serta N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis IPA dengan t hitung sebesar 23,318 sedangkan t tabel dengan 2, 0244 maka 23,318 > 2, 0244, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga hipotesis 1 terbukti. N-Gain % sebesar 84,263 yang ditafsirkan bawa pembelajaran model Problem Based Learning dengan katagori efektif 2) terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampiln berpikir kritis IPA dengan t hitung sebesar 12,707 sedangkan t tabel sebesar 2, 0244 maka 12,707 > 2, 0244. Sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima Nilai N-Gain % sebesar 64.265 yang ditafsirkan bawa pembelajaran model Project based Learning (PjBL) dengan katagori cukup efektif 3) terdapat perbedaan signifikan pada penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dan Project based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kritis IPA dengan nilai t t hitung sebesar 8,713 sedangkan t tabel sebesar 3, 259 maka 8,713 > 3, 259. Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima.