Efektifitas model pembelajaran discovery learning dan think talk write terhadap prestasi belajar ipa kelas v sd Di gugus kumbokarno
Main Author: | MARTA, ESTI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18018/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/18018/ |
Daftar Isi:
- Prestasi belajar perlu ditingkatkan dengan inovasi model pembelajaran Oleh karena itu model pembelajaran discovery learning dan TTW mencari model pembelajaran mana yang lebih efektif terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui efektifitas model pembelajaran discocvery learning 2) Mengetahui efektifitas model pembelajaran TTW 3) Mengetahui adanya perbedaan efektifitas model pembelajaran discocvery learning dan TTW. Penelitian dengan quasy experimental design model discovery learning dan TTW serta kelas kontrol model konvensional. Analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji beda, ujia N-Gain, dan Uji persamaan rata-rata. Hasi penelitian: 1) ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V. Hasil uji paired samples test ada Sig. (2-tailed) diperoleh 0.000 < 0.05, atau t-hitung 14.634 > t-tabel 2.10982 . 2) ada pengaruh model pembelajaran TTW terhadap terhadap Prestasi Belajar IPA Kelas V sesuai uji paired samples test nilai Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05, t-hitung 10.558 > t-tabel 2.09302. 3) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPA materi alat pernapasan antara siswa kelas V yang diajar menggunakan Discovery Learning dan TTW , nilai means kelas eksperimen 1 model Discovery Learning 27,665 > means eksperimen 2 TTW 23,030. Saran penelitian model pembelajaran model Discovery Learning lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar.