Pengaruh model project based learning (pjbl) dan science, technology, engineering, mathematics (stem) terhadap kemampuan berikir kritis siswa materi pecahan Di gugus wonotambak batuagung
Main Author: | MINARNO, HERI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/18013/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/18013/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan pembelajaran tidak menarik dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model PjBL dan STEM terhadap hasil belajar pada Materi Pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar materi pecahan, dan objek penelitian ini adalah sebagian siswa kelas IV di SDN Gugus Wonotambangbatuagung. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis essay. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model PjBL dengan nilai t hitung>t tabel (13.390 > 1,9983) dan pengaruh yang signifikan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dengan hasil t hitung>t tabel (21.547 > 1,9977), peningkatan rata-rata pada kelas STEM lebih tinggi daripada kelas PjBL. hasil t hitung>t tabel (7.813 > 1,9955). Simpulan penelitian yaitu penerapan model pembelajaran PjBL dan STEM dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Implikasi penelitian ini adalah siswa dilibatkan pada kegiatan belajar, siswa dilatih untuk tetap bekerja sama, siswa dapat memperoleh pemecahan masalah, meningkatkan percaya diri, meningkatkan minat pada diskusi dan motivasi pada proses pembelajaran, memberikan kesempatan untuk menimbulkan variasi dalam belajar.