Pengaruh perhatian orang tua, disiplin belajar, dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas iv sekolah dasar negeri Di kecamatan demak kabupaten demak di masa pandemi

Main Author: KHASANAH, NURUL
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/17775/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17775/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua, disiplin belajar dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SDN di Kecamatan Demak, Kabupaten Demak di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan metode expos facto dan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster purposive sampling. Sampel sebanyak 120 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis penelitian menyimpulkan bahwa (1) Perhatian orang tua berpengaruh signifikan positif terhadap prestasi belajar matematika, dimana nilai signifikansi uji t 0,002 < 0,05 sehingga hipotesis 1 diterima. (2) Disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dimana nilai signifikansi uji t 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis 2 diterima (3) Kreativitas guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika, dimana nilai signifikansi uji t 0,001 < 0,05 sehingga hipotesis 3 diterima (4) perhatian orang tua, disiplin belajar dan kreativitas guru dimana nilai signifikansi uji f 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis 4 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua, disiplin belajar dan kreativitas guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV SDN di Kecamatan Demak Kabupaten Demak. Bentuk pengaruh variabel perhatian orang tua, disiplin belajar, dan kreativitas guru terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas IV adalah positif. Hal ini berarti semakin tinggi perhatian orang tua, disiplin belajar, dan kreativitas guru maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN di Kecamatan Demak Kabupaten Demak di masa pandemi.