Daftar Isi:
  • Permasalahan utama yang terjadi pada penelitian ini di SMPN 2 Batangan didapatkan berdasarkan hasil angket yang telah diisi siswa, terdapat sebanyak 45% siswa tidak tertarik untuk belajar matematika dan hanya 53% siswa yang aktif dalam pembelajaran matematika yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 36%. Hal tesebut disebabkan sebanyak 60% siswa menyatakan tidak memiliki bahan ajar lain yang digunakan dalam belajar matematika dan sebanyak 70% siswa memerlukan bahan ajar interaktif yang diperlukan yaitu e-modul. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) menguji validitas E-Modul berbantuan Geogebra untuk siswa SMP kelas VIII; (2) menguji kepraktisan E-Modul berbantuan Geogebra untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian Research and Development (R&D) ini dilaksanakan di kelas VIII SMPN 2 Batangan. Adapun model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang meliputi : (1) Analysis (Analisis); (2) Design (Perancangan); (3) Development (Pengembangan); (4) Implementation (Implementasi); (5) Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, tes, dan angket. Analisis data yang digunakan meliputi analisis proses pengembangan modul, validitas modul dan analisis kepraktisan modul. Dalam penelitian ini e-modul berbantuan Geogebra ini digunakan selama kegiatan pembelajaran matematika. E-modul berbantuan Geogebra ini berisi materi teorema Pythagoras yang dikaitkan dengan Geogebra. Dalam e-modul berbantuan Geogebra ini berisi halaman cover, tujuan Geogebra, petunjuk penggunaan e-modul, SK, KD, indikator pembelajaran, peta konsep, pengenalan tentang Geogebra, materi, latihan soal, link video pembelajaran, profil pengembang. Keunggulan yang dimiliki e-modul berbantuan Geogebra yaitu dapat digunakan siswa hanya dengan memasukkan link atau url yang telah diberikan guru melalui aplikasi internet. Hasil validasi e-modul berbantuan Geogebra menunjukkan bahwa e-modul ini termasuk dalam kategori valid dengan skor yang diperoleh yaitu 3,14. Selain itu, hasil penilaian kepraktisan guru dan siswa juga menunjukkan kriteria praktis. Penilaian guru menyatakan bahwa e-modul sangat praktis dengan skor 3,6 dan penilaian siswa menyatakan bahwa e-modul termasuk dalam kriteria praktis dengan skor 3,0. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, e-modul berbantauan Geogebra dinyatakan valid dan praktis dan dapat membantu siswa untuk belajar materi teorema Pythagoras secara mandiri.