Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 3 Panjang dan keterampilan mengajar guru tema Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 3 Panjang dengan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Ular Tangga. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar atau pembelajaran yang meliputi 3 domain belajar yaitu: Cognitive Domain (Kawasan Kognitif), Affective Domain (Kawasan Afektif), Psychomotor Domain (Kawasan Psikomotor). Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif yang bervariasi dari diskusi kelompok yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Peneliti sebagai fasilitator membantu kelancaran pembentukan kelompok, pemberian nomor kepada siswa, diskusi dalam menjawab pertanyaan dari peneliti/guru, dan memanggil salah satu nomor siswa untuk memberikan pendapatnya atau jawaban dari pertanyaan untuk mewakili kelompoknya. Permainan Ular Tangga adalah permainan yang menggunakan dadu yang dapat menentukan berapa langkah yang harus dijalan. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penerapan model pembelajaranNumbered Head Together berbantu permainan Ular Tangga pada siswa kelas IV SD 3 Panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku dan keterampilan mengajar guru pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD 3 Panjang dengan subjek penelitian 16 siswa dan guru yang berlangsung selama dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together dan media Permainan Ular Tangga, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku dan keterampilan mengajar guru pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Metode pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari tindakan yang dilakukan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.