Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Perbandingan dan Skala Menggunakan Metode Numbered Heads Together Siswa Kelas V Semester 2 SD 1 Payaman Kecamatan Mejobo Kudus Tahun 2012/2013
Main Author: | Nugraha, Erika Sulistya |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/1764/1/Hal._Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/2/BAB_I.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/3/BAB_II.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/4/BAB_III.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/5/BAB_IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/6/BAB_V.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/7/BAB_VI.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/9/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/1764/ |
Daftar Isi:
- Pelaksanaan penelitian bermula dari gambaran kondisi awal analisis hasil ulangan harian pada mata pelajaran matematika materi perbandingan dan skala kelas V SD 1 Payaman tahun ajaran 2011/2012. Dari hasil ulangan harian tersebut, diketahui bahwa hasil rata-rata kelas hanya 66,47. Hasil ini merupakan hasil terendah dibandingkan dengan hasil ulangan harian lainnya. Perlu dikembangkan sebuah metode pembelajaran yang tidak hanya dapat meningkatkan hasil namun juga pengalaman belajar siswa. Salah satu metode tersebut adalah metode Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester 2 SD 1 Payaman tahun ajaran 2012/2013 pada materi perbandingan dan skala. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen dalam pengumpulan data berupa observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Kondisi awal siswa sebelum dilakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 47,06% dengan rata-rata 64,71. Hasil ini meningkat pada siklus I menjadi 77% dengan rata-rata 69,57. Selanjutnya, pada siklus II hasil meningkat menjadi 89% dengan rata-rata 77,08. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor rata-rata 47,5 dengan kriteria “cukup”. Kemudian hasil ini meningkat pada siklus II menjadi 65,5 dengan kriteria “sangat baik”. Selain itu, pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapatkan skor rata-rata 70 dengan kriteria “baik”. Hasil tersebut meningkat pada siklus II menjadi 83,5 dengan kriteria “sangat baik”. Dari hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V semester 2 SD 1 Payaman pada materi perbandingan dan skala. Hasil ini dapat dicapai apabila pembelajaran dilaksanakan sesuai langkah-langkah yang tepat berdasarkan skenario yang telah disusun. Penulis menyarankan agar penelitian ini ditindaklanjuti dengan melakukan penelitian pada subjek, tempat penelitian dan mata pelajaran yang berbeda untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penggunaan metode Numbered Heads Together.