Hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar dengan self regulated learning Pada siswa sma
Main Author: | Wariyanti, Siti |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17637/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/2/BAB%201.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/3/BAB%202.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/4/BAB%203.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/5/BAB%204.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/6/BAB%205.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/17637/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar dengan self regulated learning pada siswa SMA. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik qouta sampling. Subyek penelitian ini adalah 100 siswa SMA. Alat ukur yang di gunakan untuk memperoleh data adalah skala self regulated learning, skala dukungan keluarga, dan skala motivasi belajar. Diperoleh hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel (rx12y) sebesar 0,723 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dan motivasi belajar dengan self regulated learning pada siswa sma dengan sumbangan efektif sebesar 52,3%, sehingga hipotesis yang diajukan di terima. Hasil hipotesis minor pertama diperoleh rx1y sebesar 0,526 dan p sebesar 0,000 (p<0,01) menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan keluarga dengan self regulated learning. Hasil hipotesis minor kedua diperoleh rx2y sebesar 0,711 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara motivasi belajar dengan self regulated learning, sehingga hipotesis minor yang diajukan di terima