Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara efikasi diri dan keterlibatan orang tua dengan motivasi akademik pada siswa SMA. Subjek penelitian ini adalah 129 siswa SMA di Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan untuk memperoleh data adalah skala motivasi akademik, skala efikasi diri, dan skala keterlibatan orang tua. Hasil koefisien korelasi dari ketiga variabel sebesar 0,787 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01), sumbangan efektif sebesar 62%. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis mayor yang diajukan diterima, dimana efikasi diri dan keterlibatan orang tua mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan motivasi akademik. Hasil analisis variabel efikasi diri dengan motivasi akademik diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,769 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,01), sumbangan efektif sebesar 59,2%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan motivasi akademik, dengan demikian hipotesis minor 1 dinyatakan diterima. Hasil analisis variabel keterlibatan orang tua dengan motivasi akademik diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,568 dengan signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,01), sumbangan efektif sebesar 32,3%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara keterlibatan orang tua dengan motivasi akademik, dengan demikian hipotesis minor 2 dinyatakan diterima.