Efektivitas model pembelajaran snowball throwing dan contextual teaching and learning terhadap prestasi belajar ips kelas v sd gugus nalumsari kabupaten jepara
Main Author: | Huda, Muhammad Thoriqul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17356/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/17356/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui seberapa efektivitas model pembelajaran Snowball Throwing terhadap prestasi belajar IPS kelas V SD Gugus Nalumsari Kabupaten Jepara, 2) mengetahui seberapa efektivitas model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar IPS kelas V SD Gugus Nalumsari Kabupaten Jepara, 3) mengetahui adakah perbedaan seberapa efektivitas model pembelajaran Snowball Throwing dan Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Gugus Nalumsari Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif proses pembelajaran dinilai dari tahap 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, dan 3) penilaian. Penelitian dengan quasy experimental design model Snowball Throwing dan Contextual Teaching and Learning serta kelas kontrol model konvensional. Analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji beda, uji N-Gain, dan uji persamaan rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol, kelas eksperimen 1, dan kelas eksperimen 2. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) pembelajaran pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD Negeri 01 Nalumsari, Jepara dalam kategori baik. Hasil uji paired samples test ada Sig. (2-tailed) diperoleh 7.530 > 0.05, t-hitung 15.534 > t-tabel 2.10982. 2.) pembelajaran pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas V SD Negeri 02 Nalumsari, Jepara dalam kategori baik. Hasil uji paired samples test ada Sig. (2-tailed) 7.053 > 0.05, t-hitung 11.658 > t-tabel 2.09302. 3.) pembelajaran terdapat perbedaan Prestasi Belajar IPS antara siswa kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan Contextual Teaching and Learning, nilai means kelas eksperimen 1 model pembelajaran Snowball Throwing 27.566 > nilai means kelas eksperimen 2 model pembelajaran Contextual Teaching and Learning 24.530. Dari penelitian ini disarankan, bahwa 1) siswa perlu pemberian latihan soal agar lebih aktif dalam mengimplementasikan model pembelajaran Snowball Throwing dan Contextual Teaching and Learning, 2) sekolah perlu menjadi referensi dalam mengembangkan model pembelajaran Snowball Throwing yang lebih efektif digunakan pada pembelajaran IPS dari pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat dicoba pada mata pelajaran lain, 3) guru perlu memberikan motivasi kepada siswa menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS karena terbukti secara ilmiah efektif dan lebih unggul digunakan pada pembelajaran IPS.