Pengaruh model pembelajaran student team achievement division (stad) dan teams games tournament (tgt) terhadap hasil belajar ipa materi sistem pencernaan manusia kelas viii di mts Kecamatan sarang kabupaten rembang
Main Author: | CHOTIJAH, SITI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17354/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/17354/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian adalah untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA materi materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa. 3) mengetahui adanya perbedaan antara model pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA materi Sistem Pencernaan Manusia pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan tipe eksperimen murni karena adanya kelas eksperimen dan kontrol, adapun desain yang digunakan adalah pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII MTs di kecamatan Sarang kabupaten Rembang. Sampel dalam penelitian ini adalah siwa kelas VIII MTs Miftahul Huda,MTs Sunan Bonang dan MTs Manba’ul Ilmin Nafi’ kecamatan Sarang kabupaten Rembang yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari prestest dan posttest. Uji instrumen terdiri dari uji normalitas dan reliabilitas, uji prasyarat adalah uji normalitas dan homogenitas, analisis data menggunakan tingkat kesukaran, uji kesamaan rata-rata, uji pembeda, indeks gain dan uji t-test sampel independen. Hasil Penelitian: 1) Model Student Team Achievement Division (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Sarang Rembang, hal ini berdasarkan perolehan nilai Thitung 13,291 > t-tabel 2,06390 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Sarang Rembang, hal ini berdasarkan perolehan nilai Thitung 25,485 > t-tabel 2,06390 dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. 3) Model pembelajaran TGT lebih efektif dari pada STAD terhadap hasil belajar IPA materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di MTs Sarang Rembang, hal ini berdasarkan nilai Thitung sebesar 2,278 > Ttabel 2,01063 dan taraf signifikansi 0,005 < 0,05 serta nilai mean yang diperoleh TGT lebih tinggi dibandingkan dengan nilai mean pada pemebalajaran STAD (86,4 > 78,66).