ctrlnum 17336
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umk.ac.id/17336/</relation><title>PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETHNO EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR</title><creator>ZAINUDDIN, -</creator><subject>Pendidikan (Umum)</subject><subject>Teori dan praktek pendidikan</subject><description>Salah satu permasalahan pada pembelajaran saat ini adalah ke tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik. Umumnya bahan ajar yang ada di sekolah bersumber dari buku yang disediakan oleh pemerintah serta buku-buku yang beredar di pasaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan satu bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik dan dikemas dengan langkah -langkah pembelajaran yang menarik yang menuntut keaktifan peserta didik. Hipotesis bahan ajar Ethno edutainment ini dapat meningkatkan keaktifan siswa serta peningkatan pemahaman materi pembelajaran karena bahan materi ini bersumber dari lingkungan peserta didik sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. &#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang berfokus pada pengembangan bahan ajar dalam muatan IPA materi pelestarian sumber daya alam. Prosedur pengembangan diadaptasi menurut Borg &amp; Gall kemudian dimodifikasi tanpa mengurangi subtansi dari model tersebut menurut Sumarni yang disebut dengan tahap lima mantap meliputi (1) Tahap Penelitian Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Produk, (3) ahap Validasi Produk, dan (4) Tahap Uji Efektifitas, dan (5) Tahap Diseminasi. Kelas eksperimen dilakukan di SD 7 Cendono dan SD 1 Kedungdowo, sedangkan kelas kontrol dilakukan di SD 4 Piji dan SD 5 Margorejo. Uji statistik keefektivan bahan ajar dilakukan menggunakan SPSS 25 serta uji independent sample t tes.&#xD; Hasil penelitian ini meliputi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan yang mampu mengembangkan aktivitas siswa, mengkontruksikan pemahaman, menarik perhatian siswa, serta bahan ajar yang berkaitan dengan kearifan lokal Kabupaten Kudus. Desain bahan ajar ethno edutainment pembelajaran IPA meliputi analissi kurikulum, penentuan bahan ajar, penyusunan bahan ajar, dan komponen bahan ajar. Penerapan bahan ajar ethno edutainment pembelajaran IPA efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji t post-test kurang dari 0,05 yaitu nilai sig. mencapai 0,006. Dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara skor eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada Pretest tidak ada perbedaan rata-rata.</description><date>2022</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/1/HAL%20JUDUL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umk.ac.id/17336/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> ZAINUDDIN, - (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETHNO EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Master thesis, Universitas Muria Kudus. </identifier><recordID>17336</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ZAINUDDIN, -
title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ETHNO EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
publishDate 2022
topic Pendidikan (Umum)
Teori dan praktek pendidikan
url http://eprints.umk.ac.id/17336/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17336/
contents Salah satu permasalahan pada pembelajaran saat ini adalah ke tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik. Umumnya bahan ajar yang ada di sekolah bersumber dari buku yang disediakan oleh pemerintah serta buku-buku yang beredar di pasaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan satu bahan ajar yang sesuai dengan kondisi lingkungan peserta didik dan dikemas dengan langkah -langkah pembelajaran yang menarik yang menuntut keaktifan peserta didik. Hipotesis bahan ajar Ethno edutainment ini dapat meningkatkan keaktifan siswa serta peningkatan pemahaman materi pembelajaran karena bahan materi ini bersumber dari lingkungan peserta didik sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang berfokus pada pengembangan bahan ajar dalam muatan IPA materi pelestarian sumber daya alam. Prosedur pengembangan diadaptasi menurut Borg & Gall kemudian dimodifikasi tanpa mengurangi subtansi dari model tersebut menurut Sumarni yang disebut dengan tahap lima mantap meliputi (1) Tahap Penelitian Pendahuluan, (2) Tahap Pengembangan Produk, (3) ahap Validasi Produk, dan (4) Tahap Uji Efektifitas, dan (5) Tahap Diseminasi. Kelas eksperimen dilakukan di SD 7 Cendono dan SD 1 Kedungdowo, sedangkan kelas kontrol dilakukan di SD 4 Piji dan SD 5 Margorejo. Uji statistik keefektivan bahan ajar dilakukan menggunakan SPSS 25 serta uji independent sample t tes. Hasil penelitian ini meliputi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan yang mampu mengembangkan aktivitas siswa, mengkontruksikan pemahaman, menarik perhatian siswa, serta bahan ajar yang berkaitan dengan kearifan lokal Kabupaten Kudus. Desain bahan ajar ethno edutainment pembelajaran IPA meliputi analissi kurikulum, penentuan bahan ajar, penyusunan bahan ajar, dan komponen bahan ajar. Penerapan bahan ajar ethno edutainment pembelajaran IPA efektif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji t post-test kurang dari 0,05 yaitu nilai sig. mencapai 0,006. Dapat dikatakan bahwa ada perbedaan rata-rata antara skor eksperimen dan kontrol. Sedangkan pada Pretest tidak ada perbedaan rata-rata.
id IOS3090.17336
institution Universitas Muria Kudus
institution_id 139
institution_type library:university
library
library UPT Perpustakaan Universitas Muria Kudus
library_id 630
collection Repositori Universitas Muria Kudus
repository_id 3090
subject_area Bahasa
Ekonomi
Hukum
city KUDUS
province JAWA TENGAH
repoId IOS3090
first_indexed 2023-02-26T07:11:49Z
last_indexed 2023-02-26T07:11:49Z
recordtype dc
_version_ 1765996443973189632
score 17.13294