Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah 1)Untuk menganalisis kebutuhan pengembangan metode bercerita berbantuan boneka jerami, 2)Merumuskan desain pengembangan metode bercerita berbantuan boneka jerami, 3)Menganalisis kelayakan pengembangan metode bercerita berbantuan boneka Jerami serta 4)Mendeskripsikan keefektifan pengembangan metode bercerita berbantuan boneka Jerami untuk meningkatkan kemampuan berbahasa reseptif anak di TK Rembang. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D dengan subyek penelitian anak kelompok B di satuan Gugus PAUD Dahlia. Tehnik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1)Wawancara dengan pendidik, anak didik dan Kepala TK; 2)Observasi; 3)Angket;4) Validasi 5)Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dengan, n= 10 dan nilai signifikasi 5% dengan r tabel 0,632. Hasil yang diperoleh dinyatakan valid karena r hitung > r tabel, Uji validasi dari ahli materi diperoleh rata-rata skor 83,75%dan 93,75% berarti termasuk pada kategori sangat layak, sedangkan ahli bahasa memperoleh skor 4 yang berada pada kategori sangat baik. Sedangkan analisis data untuk menguji keefektifan ditunjukkan pada hasil penghitungan N- Gain pada uji lapangan sebagai kelas eksperimen memperoleh hasil post test masing masing 80,67 dan 80,33 sedangkan untuk kelas kontrolnya post test memperoleh hasil 56,00. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bawa “Pengembangan Metode Bercerita Berbantuan Boneka Jerami Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak di TK Rembang” dinyatakan layak dan efetif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak.