Pengembangan media interaktif match snail adventure Berbasis permainan edukasi software macromedia flash 8 pada mata pelajaran matematika kelas 4 sd
Main Author: | MUNIR, AHMAD |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17293/1/HAL.%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/17293/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui seberapa besar analisis kebutuhan media interaktif match snail adventure berbasis permainan edukasi pada software macromedia flash 8 pada materi bangun datar kelas 4 SD. 2) Untuk menghasilkan produk media interaktif match snail adventure berbasis permainan edukasi pada software macromedia flash 8 pada materi bangun datar kelas 4 SD. 3) Untuk mengetahui seberapa besar kelayakan media interaktif match snail adventure berbasis permainan edukasi pada software macromedia flash 8 pada materi bangun datar kelas 4 SD. 4) Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas media pembelajaran match snail adventure berbasis permainan edukasi pada software macromedia flash 8 pada materi bangun datar kelas 4 SD. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Reseach and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi Sugiyono. penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gaji 1 yang terdiri dari 20 Siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media interaktif berbasis permainan edukasi software macromedia flash 8, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data adalah angket dan tes. Hasil penelitian 1) Media interaktif match snail adventure berbasis permainan edukasi software macromedia flash 8 dibutuhkan guru dan siswa kelas 4 SD Negeri Gaji 1 Kecamatan Guntur dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar. 2) Pada tahap pengembangan produk dihasilkan media pembelajaran permainan edukatif Match Snail Adventure berbasis software Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran Matematika kelas 4 SD. 3) Media interaktif match snail adventure berbasis permainan edukasi software macromedia flash 8 sangat layak digunakan dalam pembelajaran Matematika materi bangun datar. 4) Penggunaan media pembelajaran permainan edukatif Match Snail Adventure pada mata pelajaran Matematika kelas 4 SD sangat efektif, dengan IK (indikator keberhasilan) sebesar 85%. Media pembelajaran dalam penelitian ini hanya menyajikan materi bangun datar saja dan soal yang diujikan pada permainan juga terbatas, saran peneliti agar dapat dilakukan pengembangan pada materi yang lain.