Efektifitas penggunaan video kontekstual untuk Meningkatkan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran tatap muka terbatas Di sdn kebolampang
Main Author: | Wahyuningtyas, Septi |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17245/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/17245/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui perbedaan pretes dan postes hasil belajar siswa kelas V di SDN Kebolampang melalui penerapan video kontekstual pada pembelajaran tatap muka terbatas; (2) mengetahui hasil belajar siswa kelas V SDN Kebolampang lebih dari KKM melalui penerapan media video kontekstual efektif pada pembelajaran tatap muka terbatas; dan (3) menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tatap muka terbatas kelas V di SDN Kebolampang menggunakan media video kontekstual. Video kontekstual adalah media pembelajaran yang menyajikan audio dan visual yang berisi tentang materi pembelajaran yang dipelajari dengan menghubungkan dengan situasi atau kondisi dunia nyata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi SD N Kebolampang tahun ajaran 2021/ 2022. Adapun teknis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. oleh karena itu dipilih siswa kelas V SDN Kebolampang yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji ketuntasan, uji keefektifan, dan uji n-Gain.. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) Pretes dan postes hasil belajar siswa kelas V di SDN Kebolampang memiliki perbedaan melalui penerapan video kontekstual pada pembelajaran tatap muka terbatas; (2) Hasil belajar siswa kelas V SDN Kebolampang pada kelas eksperimen lebih dari KKM melalui penerapan media video kontekstual pada pembelajaran tatap muka terbatas; (3) Hasil belajar siswa meningkat pada pembelajaran tatap muka terbatas kelas V di SDN Kebolampang menggunakan media video kontekstual. Kesimpulannya adalah media video kontekstual memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah media video kontekstual dapat digunakan dan dikembangkan pada materi dan muatan pembelajaran yang lain guna meningkatkan kualitas pembelajaran.