Pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas iv sdn 3 buwaran
Main Author: | Andrean, Wahyu |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17193/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/17193/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV disebabkan dalam pembelajaran di sekolah guru masih menggunakan pembelajaran yang monoton dan konvesional menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang ditemui di SDN 3 Buwaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada muatan bahasa indonesia dan ilmu pengetahuan alam. Model pembelajaran scramble adalah model pembelajaran yang mengajak siswa untuk menemukan jawaban dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan menyusun kalimat acak untuk menyelesaikan permasalahan. Media audio visual adalah adalah alat penyampaian pesan atau informasi dengan memvisualisasikan sekaligus memperdengarkan isi melalui media yang menunjangnya sehingga peserta didik mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Pre-Eksperimen dengan jenis One Group Prestest-Posstest Design ini dilaksanakan dikelas IV SDN 3 Buwaran dengan subjek 20 siswa yang berlangsung selama 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan validitas expert judgement, uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji normalitas gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual pada siswa kelas IV SDN 3 Buwaran yang digunakan dalam pembelajaran terbukti efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pernyataan tersebut diperoleh dari hasil uji paired sample t-test dan uji normalitas gain. Berdasarkan pengujian tersebut diperoleh hasil uji paired sample t-test dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sedangkan hasil uji normalitas gain yaitu 0,6707 atau 67,07% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) terdapat efektivitas penggunaan model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 3 Buwaran, (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan siswa dengan menggunakan model pembelajaran scramble berbantuan media audio visual sebesar 67,07%. Berdasarkan kesimpulan tersebut saran dari penelitian ini yaitu sebaiknya guru menggunakan model dan media pembelajaran karena pembelajaran konvensional belum mampu mengasah kemampuan pemecahan masalah siswa secara maksimal.