Peran orang tua dalam mendampingi belajar anak di masa pandemi covid-19 di dukuh nglau
Main Author: | Ikromah, Eka |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17159/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/17159/ |
Daftar Isi:
- Peran orang tua ini sangat penting, karena mereka adalah orang yang berhadapan langsung dengan anak-anak di lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan peran orang tua dan kesulitan orang tua dalam mendampingi belajar anak di masa pandemi di dukuh Nglau. Penelitian ini membahas tentang orang tua yang melaksanakan dua peran sekaligus pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di rumah, menyediakan sarana dan prasarana kepada anak, memberikan semangat, motivasi, mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki oleh masing-masing anak. Kesulitan orang tua dalam mendampingi belajar anak dirumah yaitu latar belakang pendidikan orang tua mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam mendidik anak, tingkat ekonomi orang tua mempengaruhi proses pembelajaran secara daring terutama dalam hal memfasilitasi pembelajaran daring anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan, juga mempengaruhi orang tua dalam memberikan bimbingan kepada anak dalam belajar di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua dan anak. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran orang tua dalam mendampingi belajar anak yaitu orang tua sebagai pendidik, orang tua sebagai pendorong, orang tua sebagai panutan, orang tua sebagai teman, orang tua sebagai pengawas. 2) Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam mendampingi belajar anak yaitu belakang pendidikan orang tua, jenis pekerjaan orang tua, waktu yang tersedia. Adanya penelitian ini hendaknya orang tua dapat dapat membimbing, menyediakan fasilitas, memberikan motivasi atau semangat. meluangkan waktu untuk mendampingi belajar anak. Kesulitan orang tua dalam pengetahuan dapatdiatasi dengan memaksimalkan penjelasan materi secara detail dari buku pelajaranatau video pembelajaran di youtube.