Daftar Isi:
  • Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran bahsa inggris, berbicara merupakan komponen terpenting dalam proses komunikasi. Berbicara adalah mengungkapkan ide atau pendapat satu sama lain. Dengan menonton film Bahasa inggris siswa dapat memahami bagaimana melatih kemampuan Bahasa inggris mereka. Data dari penelitian ini diambil dari wawancara dan kuesioner dengan menggunakan Sugiyono (2013). Dan wawancara tersebut untuk mengetahui persepsi siswa tentang menonton film Bahasa inggris untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa semester dua Universitas Muria Kudus melalui menonton film berbahasa Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dibuat mengikuti Berg and Lune dengan mengkaji berbagai setting social dan kelompok atau individu yang mendiami setting tersebut. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peneliti dari penelitian ini berharap bahwa penelitian dari menonton film Bahasa inggris dengan terjemahan dapat membantu siswa untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mereka.