Daftar Isi:
  • Microsoft Teams adalah platform kolaborasi berbasis obrolan yang persisten lengkap dengan berbagi dokumen, rapat online. Keterampilan menulis mencakup semua pengetahuan dan kemampuan yang berkaitan dengan mengekspresikan diri melalui kata-kata tertulis. Pembelajaran online adalah pembelajaran dengan cara jarak virtual, tidak tatap muka tetapi menggunakan aplikasi yang mendukung untuk melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Microsoft Teams dalam pembelajaran menulis online siswa kelas X SMKN 1 PATI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas X OTP 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti mampu menentukan proses pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Teams dalam pembelajaran menulis online yang rata-rata setuju yang dibuktikan dengan observasi dengan siswa antusias dan aktif mengikuti pembelajaran. Hasil kuesioner terdiri dari 4 frekuensi persepsi, Sangat Setuju, Setuju, Sangat Tidak Setuju, dan Tidak Setuju. Dari 4 langkah pengamatan, peneliti dapat menyimpulkan bahwa siswa dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran online menggunakan Microsoft Teams. Dari 7 aspek kuesioner, peneliti dapat menyimpulkan bahwa Microsoft Teams sangat efektif digunakan.