Daftar Isi:
  • Kegiatan proses belajar mengajar bahasa Inggris, masih banyak permasalahan yang harus dihadapi baik oleh guru maupun siswa. Banyak peneliti menunjukkan bahwa siswa masih banyak kekurangan terutama dalam kategori tata bahasa. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi siswa kelas X SMKN 1 Pati dalam pembelajaran teks naratif dengan menggunakan film animasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner dan interview. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas X AKL 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas X SMKN 1 Pati dalam pembelajaran teks naratif dengan menggunakan film animasi kepada 36 siswa dengan jumlah 25 item soal menggunakan kuesioner dan wawancara dengan 5 siswa dari 10 item soal wawancara. Bahwa hasil terdiri dari 5 frekuensi persepsi, yaitu skor 1 untuk tidak setuju (D), skor 2 untuk sangat tidak setuju (SD), skor 3 untuk netral (N), skor 4 untuk setuju (A), dan skor 5 untuk sangat setuju (SA). Didapat hasil peneliti dapat mengetahui persepsi siswa bahwa rata-rata mereka setuju terhadap pembelajaran teks naratif menggunakan film animasi yang dibuktikan dengan wawancara dengan beberapa siswa yang antusias dan aktif mengikuti pembelajaran. Dari 5 aspek kuesioner dan wawancara, peneliti dapat menyimpulkan bahwa persepsi siswa dalam pembelajaran teks naratif setuju dan antusias belajar teks naratif dengan menggunakan film animasi. Hasil wawancara yang dilakukan dengan tiga siswa, banyak siswa yang setuju karena membantu dan mendukung proses pembelajaran dan sangat mudah dipahami. Sehingga akan menemukan kosa kata baru. Media pembelajaran yang digunakan guru haruslah yang dapat menarik siswa terus aktif dalam pembelajaran. Siswa dituntut untuk menguasai materi pembelajaran terlebih dahulu sebelum guru.