Teacher’s brainstorming in teaching english at the tenth grade of beauty department in smk pgri 1 mejobo kudus
Main Author: | Diandini, Firnanda |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/17097/1/Hal.%20Judul.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/8/Lampiran.pdf http://eprints.umk.ac.id/17097/ |
Daftar Isi:
- Pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan berfokus pada mempersiapkan siswa untuk siap bekerja setelah lulus. Para lulusan diharapkan dapat berbahasa Inggris dengan lancar. Kurangnya motivasi dan sedikit penguasaan kosakata membuat siswa berpikir bahwa bahasa Inggris adalah kelas yang sulit dan membosankan. Jadi, seorang guru harus tahu cara menciptakan suasana kelas yang nyaman. Guru harus melakukan kegiatan kelas dengan cara yang menarik. Salah satu strategi yang dapat digunakan sebagai pemicu keaktifan siswa di kelas adalah brainstorming. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis brainstorming guru dan metode brainstorming guru dalam mengajar bahasa Inggris di Kelas Sepuluh Jurusan Kecantikan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui brainstorming yang tepat digunakan oleh guru dalam mengajar Bahasa Inggris di Kelas Sepuluh Jurusan Kecantikan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Penelitian ini didasarkan pada studi kasus kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi dengan menggunakan inter-rater sebagai kepercayaan. Setelah itu, peneliti menganalisis data dan menentukan hasil penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di Kelas Sepuluh Jurusan Kecantikan SMK PGRI 1 Mejobo Kudus menggunakan beberapa jenis brainstorming yaitu gambar, peta konsep, bercerita, dan daftar kata. Sedangkan metode yang digunakan adalah memetakan, mendata, dan menanya. Teknik brainstorming yang tepat digunakan oleh guru adalah brainstorming pemetaan kata, yang diterapkan dengan metode menanya. Hal ini diterapkan berdasarkan karakteristik siswa di kelas bahasa Inggris. Sehubungan dengan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru menerapkan teknik brainstorming di semua kegiatan kelas untuk menciptakan kelas bahasa Inggris yang efektif dan interaktif. Sehingga dapat mengubah pola pikir siswa tentang sulitnya pelajaran bahasa Inggris. Akhirnya, penelitian ini diharapkan menjadi salah satu referensi yang digunakan di masa depan oleh penelitian tentang brainstorming.