Pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi dengan motivasi sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa s1 akuntansi di universitas se-kabupaten kudus)

Main Author: Larasati, Ratih
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/17016/1/HAL%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/17016/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kecerdasan sosial dan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi dengan motivasi sebagai variabel moderasi pada mahasiswa S1 Akuntansi di Universitas se-Kabupaten Kudus sejumalah 1891 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan jumlah sampel sebanyak 330. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini merupakan SEM PLS dengan software SmartPLS 3.3.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memperkuat hubungan minat belajar terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan motivasi tidak memoderasi hubungan antara kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial terhadap pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi.