Pembelajaran IPS sejarah berwawasan sets

Main Author: Purbasari, Imaniar
Format: Article PeerReviewed Image application/pdf
Terbitan: universitas muria kudus , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/1696/1/2013%2D07%2D22_21%2D39%2D43_0113.jpg
http://eprints.umk.ac.id/1696/2/Daftar_Isi_SETS_UNNES.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1696/3/SETS_UNNES.pdf
http://eprints.umk.ac.id/1696/
Daftar Isi:
  • IPS Sejarah merupakan pengetahuan masa lampau mencakup konteks fenomena di masyarakat, peristiwa aktual, permasalahan sosial, isu hangat yang tegnah berkembang, jiwa zaman dan perkembangan keilmuan mutakhir. Kebermaknaan pembelajaran dicapai melalui pengaitan materi dengan konteks kekinian dan konteks lokal yang terjadi di sekitar siswa, sehingga makna dari sebuah peristiwa sampai pada peserta didik. Pengaitan materi IPS Sejarah dengan konteks kekinian dan apa yang dialami di sekitar siswa dapat dihubungkan dengan wawasan SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Sebagai contoh politik eits yang dijalankan kolonial sebagai bentuk balas budi terhadap daerah jajahan yang telah memberikan kontribusi terhedap Belanda, merupakan pembelajaran yang berwawasan SETS bila dikaitkan dengan perkembangan kehidupan kekinian. Sejarah politik etis sebagai bagian dari science. Pelaksanaan politik etis (edukasi , irigasi, emigrasi) menggunakan teknologi kolonial sebagai usaha perbaikan hidup dan perbaikan ekonomi masyarakat Indonesia. Pemanfaatan optimal lingkungan yang dibentuk kolonial dalam rangka pelaksanaan politik etis memanfaatkan lingkungan alam Indonesia sesuai dengan potensinya. Melalui wawasan SETS siswa diajak mengaitkan materi dengan manfaat kekinian yang bisa mereka lihat disekeliling mereka. Peran guru IPS Sejarah harus mampu membelajarkan siswa meski tidak secara pragmatis, namun mampu menarik konteks masa lalu dan menghubungkannya dengan masa kini bahwa pembelajaran sejarah tidak hanya masa lalu tapi merupakan sebuah science yang saling berinteraksi dengan teknologi, masyarakat dan lingkungan sejak jaman dahulu hingga sekarang. Sehubungan dengan hal tersebut maka pengembangan materi guru perlu berwawasan SETS untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perlu usaha aktif dari guru untuk memberi makna pembelajran IPS Sejarah, sehingga siswa memperoleh hasil optimal pembelajaran sejarah. Makalah ini memberikan pengenalan dan penjelasan mengenai pembelajaran IPS Sejarah berwawasan SETS bukan secara pragmatis.