Daftar Isi:
  • Penelitian pada usaha Kue Kering Rizka bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal, faktor eksternal, posisi usaha kue kering Rizka, dan strategi pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 96 responden dan 15 responden merupakan pemilik usaha dan kayawan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan faktor internal kuat pada usaha kue kering rizka antara lain adalah lokasi distribusi, kemasan produk, promosi penjualan, pemasaran langsung, dan saluran distribusi. Sedangkan faktor internal yang lemah terdiri dari daftar harga, potongan harga, variasi produk, dan rasa produk. Kemudian faktor eksternal yang dapat menjadi peluang adalah ekonomi Negara, pemasok tetap, informasi pemasok, dan produk baru dari pesaing. Sedangkan faktor eksternal yang menjadi ancaman adalah produk dari perusahaan besar, perijinan industri, program pemerintah, dan daya beli. Berdasarkan temuan tersebut, kedudukan usaha kue kering Rizka berada pada kedudukan kelima pada grafik SWOT. Agar kedudukannya tersebut semakin meningkat, maka pengusaha harus mengutamakan strategi pemasaran menggunakan strength-opportunity atau kekuatan dan kesempatan yang dimiliki.