Pengaruh pengetahuan investasi, literasi keuangan, motivasi investasi, dan persepsi return terhadap minat investasi mahasiswa universitas muria kudus yang telah melakukan open account di galeri investasi universitas muria kudus pada tahun 2018 – 2021

Main Author: SALMA, YUSRIA DHIYA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2022
Subjects:
Online Access: http://eprints.umk.ac.id/16899/1/HAL.%20JUDUL.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/2/BAB%20I.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.umk.ac.id/16899/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Investasi, Literasi Keuangan, Motivasi Investasi, dan Persepsi Return terhadap Minat Investasi Mahasiswa UMK yang melakukan investasi pada Tahun 2018-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 155 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu kuesioner yang diukur dengan skala likert yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda dan uji asumsi klasik dengan SPSS 26. Data sekunder yaitu data mahasiswa yang diambil di galeri investasi UMK. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa di galeri investasi UMK. (2) Literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa di galeri investasi UMK. (3) Motivasi investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa di galeri investasi UMK. (4) Persepsi return tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa di galeri investasi UMK. (5) Pengetahuan investasi, literasi keuangan, motivasi investasi, dan persepsi return secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi mahasiswa di galeri investasi UMK. Variabel pengetahuan investasi, literasi keuangan, motivasi investasi, dan persepsi return yang mempengaruhi minat investasi hanya menjelaskan sebesar 19,6%. Hal itu berarti masih banyak variabel bebas lainnya yang dapat mempengaruhi minat investasi mahasiswa.