hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar pada masa pandemi
Main Author: | Citra Asri Satriesna, Azizah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umk.ac.id/16743/1/HAL%20JUDUL.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/2/BAB%20I.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/3/BAB%20II.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/4/BAB%20III.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/5/BAB%20IV.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/6/BAB%20V.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.umk.ac.id/16743/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris hubungan efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP 1 Undaan Kudus. Pengambilan data sampel menggunakan teknik quota sampling dengan 100 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala keterlibatan siswa, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial orang tua. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil nilai rx12y sebesar 0,863 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dengan sumbangan efektif sebesar 74,4% sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa dalam penelitian ini diterima. Hipotesis minor pertama koefisien rx1y sebesar 0,850 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,000 (p<0,01) artinya adanya hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan keterlibatan siswa dengan sumbangan efektif sebesar 72,2% sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara efikasi diri dengan keterlibatan siswa diterima. Adapun pada hipotesis minor kedua diperoleh koefisien rx2y sebesar 0,189 dengan tingkat signifikansi p sebesar 0,059 (p<0,05) artinya tidak ada hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara dukungan sosial orang tua dengan keterlibatan siswa ditolak.