Daftar Isi:
  • Kelemahan yang sering terjadi dalam proses pembelajaran IPS kelas 1 SD antara lain adalah sebagian guru kelas kurang menciptakan kondisi belajar yang dapat menumbuhkan daya kepekaan atau sensitivitas terhadap materi pelajaran yang diberikan kepada peserta didik untuk melatih sosialisasi terhadap lingkungannya. Penggunaan media pembelajaran pada materi IPS kelas 1 SD sangat diperlukan, karena muatan materinya mempunyai karakteristik kontekstual. Kunci pemecahan masalah dalam pembelajaran IPS kelas 1 SD, salah satu caranya dengan menggunakan media gambar. Penelitian dilaksanakan di SD I Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus dengan menggunakan media gambar berupa gambar ilustrasi yang bertujuan menerangkan dan menjelaskan materi peristiwa yang dialami siswa di lingkungan keluarga, letak rumah dan menjelaskan rumah sehat serta perilaku dalam menjaga kebersihan rumah. Sikap dan perilaku yang sering dirasakan oleh peserta didik dalam sistem sosial dan budaya. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti disimpulkan 70 % hasil karya gambar ilustrasi siswa kelas I SD 1 Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus memiliki tingkat interaksi dalam bersosialisasi dilingkungan keluarga, teman sebaya dan masyarakat sudah dikenal dengan baik. Sedangkan 55 % hasil karya gambar ilustrasi siswa SD 1 Purwosari Kecamatan Kota Kabupaten Kudus belum memiliki kreatifitas objek gambar atau dengan dengan kata lain perlu pelatihan menggambar secara khusus.